Perancangan user interface game edukasi Topeng Panji sebagai media pelestarian kebudayaan

Sekar Hapsaritta Rayshantti, Sekolah Tinggi Seni Rupa Dan Desain Visi Indonesia, Indonesia
Novan Edo Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dian Prajarini, Sekolah Tinggi Seni Rupa Dan Desain Visi Indonesia, Indonesia

Abstract


Topeng Panji merupakan bentuk visual yang ditransformasikan dari kisah Panji. Salah satu dusun yang membuat topeng Panji adalah Dusun Bobung, Gunungkidul. Saat ini, minat terhadap pengenalan seni dan budaya di kalangan generasi menurun, khususnya di Dusun Bobung. Beberapa di antaranya lebih tertarik pada permainan digital, sehingga menimbulkan berkurangnya keinginan untuk mengenal budaya, terutama topeng Panji. Berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh dari metode design thought , sebagian dari mereka kurang tertarik pada budaya karena tidak adanya media yang menyenangkan untuk mengenal budaya. Oleh karena itu, diperlukan media pelestarian yang menarik, interaktif, dan menyenangkan untuk mengenal topeng Panji dari Dusun Bobung dengan mendesain antarmuka pengguna game edukasi. Melalui desain ini, generasi muda dapat mengenal budaya topeng Panji Dusun Bobung dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Desain ini mampu menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada. Dari hasil uji coba yang dilakukan kepada 26 pengguna, 84,6% menyatakan bahwa antarmuka pengguna game edukatif ini mudah Dipahami.


Keywords


Desain, User Interface, Game, Topeng Panji

Full Text:

PDF

References


Alfajri, M. F. (2020). Perancangan Strategi Digital Pada Sribu.com Menggunakan Metode Design Thinking. 78.

Buana, W., & Sari, B. N. (2022). Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course. Unipma, 5(2), 91-97.

Daeng, I. T., Mewengkang, N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. 5.

Deutsch, J. (2020, September 13). Utilizing the thumb zone for dropdowns. Retrieved from Bootcamp UX Design: https://bootcamp.uxdesign.cc/utilizing-the-thumb-zone-for- dropdowns-e579f0f9185a

Hidayat, M. T., & Prajarini, D. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi Donor Darah Apheresis Berbasis Android Untuk Pelayanan UPTD RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA. Aksa Jurnal Desain Komunikasi Visual, 745.

Hoober, S. (2013, February 18). How Do Users Really Hold Mobile Devices? Retrieved from UX Matters: https://www.uxmatters.com/mt/archives/2013/02/how-do-users-really-hold- mobile-devices.php#comments

Kristy, M. I. (2020). Perancangan Game Untuk Memperkenalkan Kerajinan Topeng Kayu Bobung Kepada Remaja.

Mahdayeni, Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (MANUSIA DAN SEJARAH KEBUDAYAAN, MANUSIA DALAM KEANEKARAGAMAN BUDAYA DAN PERADABAN, MANUSIA DAN SUMBER

PENGHIDUPAN). TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 155.

Majid, H. A. (2023, Februari 10). Pengaruh Game Terhadap Generasi Muda. Retrieved from Joglo Jateng: https://joglojateng.com/2023/02/10/pengaruh-game-terhadap-generasi- muda/

Oktaviany, G. (2022). Perancangan Ulang UI/UX Untuk Aplikasi Rumah Belajar. 13.

Puspita, W. N. (2014). TARI TOPENG SINOK DI KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH.

Siskawati. (2017). Penerapan Topeng Panji Bobung Sebagai Motif Batik Pada Elemen Estetis Working Space. ePrints UNY.

UTAMA, B. S. (2020). PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA WEBSITE COSMIC CLOTHES. 13.

Wahyu, D. (2014, Agustus 7). Topeng Bobung. Retrieved from Katadata: https://katadata.co.id/arsip/foto/5e9a574ae0303/sajiman-topeng-kayu-bobung-yang- mendunia

Wibowo, M. W., Kuswarsantyo, & Mahardika, C. (2020). The Existence of Panji Masks in Postmodern. Atlantis Press, 444, 225.

Yulius, R., Nasrullah, M. F., Sari, D. K., & Alban, M. A. (2022). Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.70716

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.70716.g20866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sekar Hapsaritta Rayshantti, Novan Edo Pratama, Dian Prajarini


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: