Masalah dan alternatif solusi penerapan Kurikulum Merdeka pada konsentrasi keahlian Seni Patung SMK Negeri 3 Kasihan
Dwi Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian studi kasus intrinsik ini yaitu untuk mendeskripsikan isi, penerapan oleh guru, masalah pada penerapan, dan penyelesaian masalah Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah khususnya pada Konsentrasi Keahlian Seni Patung SMK Negeri 3 Kasihan. Data penelitian yaitu hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi, display, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian yaitu isi Kurikulum Merdeka meliputi karakteristik, tujuan, pengaturan beban belajar, penetapan konsentrasi, P5, PKL, Ekstrakurikuler, rencana dan pengelolaan pembelajaran, pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional. Penerapan Kurikulum Merdeka meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Masalah yang terjadi yaitu masih kurangnya pemahaman guru mengenai Kurikulum Merdeka, masih ada guru yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, dan belum diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran kejuruan. Penyelesaian masalah oleh pihak sekolah yaitu sosialisasi IHT, mencari metode dan materi pembelajaran yang sesuai karakteristik yang berpusat pada siswa, dan penggabungan elemen-elemen menjadi satu proyek pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Eli Sasmita, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Merdeka Belajar. (2023, 8 9). Retrieved from Merdeka Belajar: https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Nawawi, A. (2023, 8 9). Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep. Retrieved from Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep: https://dpksumenep.id/merdeka-belajar-dan pendidikan-4-0-dalam-menghadapi-tantangan-digital/
Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 90–98. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456
DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.66063
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.66063.g20859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Naufal Nuur 'Azmii
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging
Our Journal has been Indexed by:
Supervised by: