Instrumen penilaian antarteman dalam penciptaan karya poster mata pelajaran Desain Publikasi

Wisnu Lintang Tranggana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bambang Prihadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian pengembangan instrumen penilaian antarteman ini digunakan untuk penilaian proses dan hasil penciptaan karya poster pada mata pelajaran Desain Publikasi kelas XI DKV di SMK N 3 Kasihan. Tujuannya adalah sebagai alat ukur kemampuan siswa, memudahkan guru dalam melakukan penilaian yang valid, objektif, dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang dipakai adalah R&D (Research & Development). Dengan model pengembangan instrumen penilaian antarteman penciptaan karya poster menggunakan 4-D yang meliputi proses (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang dikembangkan berupa rubrik dan lembar penilaian produk hasil karya poster dengan model analitik dan pendekatan penilaian antarteman. Instrumen penilaian divalidasi oleh dosen bidang keahlian Pendidikan Seni Rupa dan guru SMK bidang keahlian Desain Komunikasi Visual dengan nilai rata-rata 93,04% dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan uji coba instrumen dilakukan terhadap 32 siswa subjek penelitian di kelas XI DKV 2. Analisis nilai reabilitas instrumen penilaian poster dihitung menggunakan rumus Alpha SPSS versi 23 dengan hasil nilai 0,886>0,7 yang berarti reliabel. Hasil pelaksanaan instrumen penilaian memperoleh data minimum nilai siswa sebesar 49,33 dan maksimum nilai 87. Hasil nilai dari 32 siswa yang diuji coba memiliki nilai rata-rata 66,16 dengan standar deviasi 11,17.


Keywords


penilaian antarteman; rubrik; karya poster; desain publikasi

Full Text:

PDF

References


Anggraini, W. D., Ramlawati, & Anwar, M. (2017). Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Dan Sikap Pada Praktikum Titrimetri Dan Gravimetri SMK-SMTI Makassar. Chemistry Education, Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(1), 35–44.

https://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/3877

Darmawan, T. (2012). Publikasi Iklan Indoor dan Outdoor di CV. Soloutama Advertising Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori Dan Aplikasinya. C. Wijaya & Amiruddin (Eds.); (1st Ed.). LPPPI.

Husodo, W. C. (2011). Proses Produksi Iklan Indoor dan Outdoor Pada Rocky Advertising Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual (1st Ed.). Andi.

Majid, A. (2015). Penlilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar (A. Kamsyach (ed.); 2nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Penelitian dan Pengembangan.pdf

Novita, D. E. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Antar Teman Pada Kompetensi Sikap Sosial (Ki 2) Mata Pelajaran Matematika Di SMP N Kecamatan Waru-Sidoarjo [Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33822

Pendidikan, T. P. P. (2019). Panduan penilaian Kinerja (Performance Assessment) (D. Hadiana & Asrijanty (eds.)). Pusat Penilaian Pendidikan. https://repositori.kemdikbud.go.id/18341/

Salasiah, Rahmadi, & Irianto, T. (2020). Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 25–31. http://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/article/view/476

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual (M. Agustina (ed.); 1st ed.). Andi.

Suranto. (2019). Komputer Grafis Dasar dan Aplikasi Desain. CV Kekata Group.

Syahrul. (2015). Analisis Konsistensi Dan Validitas Asesmen Teman Sejawat Oleh Mahasiswa Dan Asesmen Unjuk Kerja Oleh Dosen Dalam Pembelajaran Praktikum Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 2(1), 73–87. http://eprints.unm.ac.id/6453/1/Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Media Audio Visual pada Mata Kuliah Teknik Sepeda Motor.pdf

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah; Edisi Revisi (1st Ed.). Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64218

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64218.g20860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wisnu Lintang Tranggana


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: