Konsep dan proses penciptaan seni lukis kontemporer Heri Dono dalam Phantasmagoria of Science and Myth

Arif Dinta Sanjaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sigit Wahyu Nugroho, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang, eksistensi seniman, proses kreatif berkarya, dan karakteristik seni lukis karya Heri Dono. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian seniman Heri Dono dan objek penelitian 10 lukisan kontemporer tahun 2021 dalam Phantasmagoria of Science and Myth. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis secara deskriptif, analisis formal dan interpretasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datanya dilakukan dengan tiga triangulasi yaitu; sumber, teknik dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Heri Dono adalah seniman otodidak yang berkiprah menjadi seniman kontemporer; 2) Eksistensinya menjadi seniman di dalam dan di luar negeri sangatlah banyak, beliau telah mengikuti pameran ke berbagai negara, mendapatkan penghargaan, karya-karyanya dikoleksi museum dan para kolektor, serta aktif mengikuti berbagai kegiatan seni seperti; workshop, seminar, dan diskusi; 3) Proses kreatif Heri Dono terdiri dari ide, konsep dan teknik. Ide gagasannya dalam membuat karya bersumber dari berbagai referensi. Konsep lukisannya berdasarkan isu-isu sosial, ekonomi, politik yang dilatarbelakangi oleh permasalahan kemanusiaan; 4) Karakteristik lukisan karya Heri Dono selalu menampilkan figur makhluk hybrid yang dikerjakan secara dekoratif berupa gabungan penggayaan wayang dan kartun. 


Keywords


Lukisan, Kontemporer, Konsep, Proses Penciptaan, Heri Dono

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press.

Dedi Warsana, Salsa Solli Nafsika, N. N. U. (2021). Komunikasi Seni: Representasi Masyarakat Urban di Kota Bandung dalam Bingkai Karya Seni Karya Mufty Priyanka. Komunikasiana (Journal of Communication Studies), Vol. 3 No., 16–34.

Harahap.MA, D. N. (2020). Penelitian Kualitatif (D. H. S. M.A (ed.); 1st ed.). Wal Ashari.

Mahardika, C., Prihadi, B., & Wibowo, M. W. A. (2020). Wayang Beber in the Postmodern Era. Atlantis Press, 444.

Leavy, Patricia. (2017) Handbook of Arts Based Research. Guilford Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif (Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.

Salam, S. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. In Badan Penerbit UNM Universitas Negeri Makassar (Vol. 1).

Sunarto, B. (2020). Dasar Penciptaan Seni. Sena Kreasi, 2, 1–9.

VUK, S., & Bosnar, M. (2021). Process In Contemporary Visual Art As A Paradigm Shift In The Visual Art Education : Perspective Of Creativity. Vilnius Gediminas Technical University, 14(1), 99–111.

Wiratno, T. A. (2018). Seni Lukis Konsep Dan Metode (R. W. Wijaya & L. Setyaningrum (eds.); 2018th ed.). CV. Zifatama Jawara. https://doi.org/10.31227/osf.io/2z57p




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60396

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60396.g19989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arif Dinta Sanjaya, Sigit Wahyu Nugroho


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: