Pengembangan media interaktif berbasis android untuk pembelajaran menggambar ornamen flora

Avinda Khoirunnisa, SMP Negeri 3 Pakem
Eni Puji Astuti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media interaktif berbasis android untuk pembelajaran menggambar ornamen flora di SMP Negeri 3 Mlati berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa pengembangan media interaktif berbasis android melalui (1) tahap analysis yakni analisis kebutuhan, karakteristik siswa dan kompetensi pembelajaran; (2) tahap design meliputi pembuatan flowchart, storyboard, dan komponen media interaktif; (3) tahap development yaitu pembuatan produk dengan software Microsoft PowerPoint 2010 kemudian dikonversi menjadi file .apk, validasi produk oleh para ahli, dan revisi produk. Tingkat kelayakan media interaktif yang dikembangkan berdasarkan penilaian oleh (1) ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,46 dengan kategori layak; (2) ahli media diperoleh rata-rata skor 3,05 dengan kategori cukup; (3) praktisi pembelajaran diperoleh rata-rata skor 3,85 dengan kategori layak. Dengan demikian, media interaktif berbasis android layak digunakan untuk pembelajaran menggambar ornamen flora.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Multyaningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saifuddin, Azwar. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Porgram PPS UNY

Widyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.54743

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.54743.g19292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Avinda Khoirunnisa, Eni Puji Astuti


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: