Urgensi Humanisme dalam Pendidikan Abad ke-21

Danu Eko Agustinova, Scopus ID 57220933966, Department of History Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


masyarakat Indonesia, mengimplikasikan banyak hal dalam berbagai bidang kehidupan termasuk pendidikan. Pendidikan abad 21 dinilai sebagai suatu bentuk alternatif agar generasi muda semakin adaptif dalam menghadapi perkembangan zaman. Walaupun tidak sepenuhnya keliru, dampak negatif dari beragamnya interpretasi makna pendidikan abad 21 juga tidak dapat dihindari, salah satunya adalah ketimpangan pendidikan di Indonesia. Pada masyarakat urban, pendidikan muncul sebagai komoditas perdagangan yang mendorong munculnya kelas sosial sehingga berlaku sistem “yang kaya semakin kaya; yang miskin semakin miskin”; sementara pada masyarakat terpencil masih berlaku sistem konvensional yang disebut oleh Paulo Freire sebagai kebudayaan bisu. Berkaca dari hal inilah, nilai-nilai humanis menunjukkan urgensinya sebagai salah satu alternatif yang dapat menyelesaikan permasalahn tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis-deskriptif serta menghimpun informasi menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai humanis sangat penting untuk diinternalisasikan dalam rangka menghindari dampak negatif ketidakmerataan penerapan pendidikan abad 21, seperti teknosentrisme dan komersialisasi pendidikan. internalisasi nilai-nilai humanis dapat diwujudkan melalui penggunaan metode, media dan model pembelajaran yang sesuai kebutuhan; serta konten pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Asmirawati, Sulfasyah, and jamaluddin Arifin. 2016. "Komersialisasi Pendidikan." Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi Volume IV No. 2 174-183.

Bahri, Samsul. 2018. "Pendidik yang Membelajarkan (Gaya Bank vs Hadap Masalah)." IQRO: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 1-16.

Chairunnisak. 2020. "Implementasi Pembelajaran Abad 21 di Indonesia." Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED. Medan: Universitas Negeri Medan. 351-359.

Dewi, Eva. 2019. "Potret Pendidikan di Era Globalisasi (Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi)." SUKMA: JURNAL PENDIDIKAN Volume 3 Issue 1, 93-116.

Farmita, Artika Rachmi. 2022. Putus Sekolah Akibat Pandemi COVID-19 Naik 10 Kali Lipat. Ini Kata Kemendikbud. 01 16. Accessed 06 07, 2022. https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/16/200036281/putus-sekolah-akibat-pandemi-covid-19-naik-10-kali-lipat-ini-kata?page=all.

Freire, Paulo. 2020 (cet.2). Pendidikan Kaum Tertindas terjemahan dari Pendagogy of the Oppressed. Yogyakarta: Narasi.

Habib, Ahmad, I Made Astra, and Erry Utomo. 2020. "Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar." JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, Vol. 3 No. 1 25-35.

Hartini, Dwi. 2011. KOMERSIALISASI PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI

(Studi Kasus tentang Persepsi Masyarakat terhadap Kuasa Modal dalam Dunia Pendidikan di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta tahun 2011). S.Pd Skripsi, Surakarta: perpustakaan.uns.ac.id.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, and Andi Prastowo. 2019. "Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Pengembangan Sumber Daya Manusia." MAGISTRA - Volume 10 Nomor 1 26-50.

Hasnawati. 2006. "Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran." Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1 53-62.

Masyithah. 2019. "Humanisasi dalam Paradigma Pendidikan yang Nyaris Terabaikan." Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, No. 1, 14-21.

Pendidikan, Tim Paradigma. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yopi, Makdori. 2021. Pandemi COVID-19 Menerpa, Angka Putus Sekolah Meningkat. 09 22. Accessed 06 07, 2022. https://www.liputan6.com/news/read/4664482/pandemi-covid-19-menerpa-angka-putus-sekolah-meningkat.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v17i2.53011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Danu Eko Agustinova

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats