Pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh
Agus Purnomo, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Idris Idris, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dukungan orang tua dalam bentuk dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan emosional terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian ini adalah kuantitatif survei dengna populasi penelitian yang dipilih adalah siswa SMP di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda untuk mengetahui adakah pengaruh pada dukungan informasi (X1), dukungan penghargaan (X2), dukungan instrumental (X3), dan dukungan emosional (X4) terhadap variabel motivasi belajar anak (Y) selama pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua mencakup dukungan informasi, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan emosional. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa dari empat variabel dukungan orang tua di antaranya dukungan informasi, dukungan instrumental, dan dukungan informasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi anak selama pembelajaran jarak jauh. Sementara itu dukungan penghargaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengetahui karakteristik siswa yang akan dijadikan sebagai responden penelitian guna memperdalam pembahasan dari masing-masing variabel dan data yang diperoleh semakin dapat menghasilkan analisis data yang mendalam.
Keywords
References
Adawiyah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 33–48. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534
Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori, dan Praktek (5th ed.). UI Press.
Hasgimianti. (2017). Perhatian Orangtua Terhadap Kegiatan Belajar. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 16(1), 56–75. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27866
Hidayah, F. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa.
Mahdalena. (2015). Marah Bentuk Kasih Sayang pada Anak. 1(2), 119–129. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/67/66
Prasetyo, F. A. D. (2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak. Universitas Sinarta Dharma Yogyakarta.
Pratiwi, I. H., & Laksmiwati, H. (2012). Pengaruh Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Informatif Terhadap Stress Remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. https://core.ac.uk/download/pdf/230625736.pdf
Rahmi, E. K. A. V. (2011). Pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar musik pada remaja. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4926/1/EKA VERA RAHMI-FPS.PDF
Rosmalinda, D., & Zulyanty, M. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 64–75. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6848
Setiawan, A. Y. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa. https://eprints.uny.ac.id/52247/1/SKRIPSI.pdf
Sinaga, J. D. (2018). Tingkat dukungan orang tua terhadap belajar siswa. Indonesian Journal of Education Counseling, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.30653/001.201821.19
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rinekacipta.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis WhatsApp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Janapati, 8, 81–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204
Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v18i2.40503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Reyvita Wike Wijaya, Agus Purnomo, Idris Idris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats