MEMANFAATKAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA
Abstract
Peneliti tertarik pada strategi pembelajaran yang kreatif, maka muncullah ide untuk menerapkannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Sehingga dimanfaatkan kearifan local untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam materi pelajaran "modernisasi dan globalisasi. Penelitian ini termasuk jenis class action research. Rumusan masalahnya adalah; 1) apakah kreativitas siswa dapat meningkat dengan diterapkan metode memanfaatkan kearifan local, 2) bagaimana sisa dapat lebih mengenal budaya lokal dan melestarikannya, 3) apakah prestasi siswa dapat lebih meningkat dengan diterap-kannya metode pembelajaran yang berbeda pada setiap siklus. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas siswa, mengenalkan langsung pada aset budaya lokal dan meningkatkan prestasi siswa. Pada siklus pertama, siswa diberikan kesempatan untuk diskusi kelompok di dalam kelas, siklus kedua siswa diberikan metode studi library dan meresume hasilnya dalam bentuk artikel, siklus ketiga siswa ditugaskan mengunjungi sekaligus meneliti eksistensi aset budaya lokal. Kesimpulan dalam penelitian ini; 1) kreativitas siswa meningkat, 2) siswa lebih mengenal dari dekat dan dapat belajar langsung pada aspek budaya lokal, 3) prestasi siswa meningkat dari siklus ke siklus, siklus pertama 60% siswa aktif, siklus kedua 75% dan siklus ketiga 100%. Saran yang dapat diberikan; perlu disusun model dan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas, penyusunan bahan ajar disesuaikan dengan potensi dan karakteristik daerah, perubahan metode pembelajaran sosiologi sebagai ilmu sosial harus dilakukan dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: kearifan lokal, kreativitas, strategi pembelajaran, sosialisasi, "modernisasi &globalisasi"
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3625
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats