Studi tentang Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di Era Revolusi 4.0

Amel Mustikawati, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Kurjono Kurjono, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa di era revolusi 4.0. Pembelajaran kewirausahaan diukur melalui indikator enterprenurial awareness education, education for start-up, education for enterprenurial dynamic dan contrinuining education for enterpernurship. Minat berwirausaha diukur melalui indikator preference, desire dan plan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatori. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Tasikmalaya. Instrumen penelitian diuji melalui uji validitas dan uji realibitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Tasikmalaya sebanyak 1.545 siswa dan berdasarkan perhitungan Slovin diperoleh sampel sebanyak 300 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha siswa di era revolusi 4.0. Temuan ini menyiratkan bahwa untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa di era revolusi 4.0 akan lebih efektif dengan meningkatkan proses pembelajaran kewirausahaan di sekolah.


Keywords


Pembelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Era Revolusi 4.0

Full Text:

Download Full Paper

References


Adnyana, I. G. L. A., & Purnami, N. M. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy dan locus of control pada niat berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2).

Al Idrus, S. (2017). Strategi pembelajaran kewirausahaan: aplikasi pembelajaran mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi.

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Basri, I. Y., Faiza, D., Nasir, M., & Nasrun, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Produk Dalam Rangka Menyiapkan Lulusan Smk Menjadi Wirausahawan Muda. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 43-52.

Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal For Business and Entrepreneurship, 1(1).

Danuhadimedjo, R.D. 2008. Kewiraswastaan dan Pembangunan. Bandung : Alfabeta.

Guzmán-Alfonso, C., & Guzmán-Cuevas, J. (2012). Entrepreneurial intention models as applied to Latin America. Journal of Organizational Change Management, 25(5), 721-735.

Handaru, A. W. (2014). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Magister Management (Kajian Empiris pada Sebuah Universitas Negeri. Jurnal Universitas Paramadina, 11(2), 1046-1061.

Ilozor, B., Sarki, A., Hodd, M., Heinonen, J., & Poikkijoki, S. A. (2006). An entrepreneurial‐directed approach to entrepreneurship education: mission impossible?. Journal of management development.

Kirkley, W. W. (2016). Entrepreneurial behaviour: the role of values. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research.

Krueger Jr, N. F., Reilly, M. D., & Carsrud, A. L. (2000). Competing models of entrepreneurial intentions. Journal of business venturing, 15(5-6), 411-432.

Koranti, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktoreksternal Dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Prosiding PESAT, 5.

Krueger, N. F. (2003). The cognitive psychology of entrepreneurship. In Handbook of entrepreneurship research (pp. 105-140). Springer, Boston, MA.

Lepoutre, J., Justo, R., Terjesen, S., & Bosma, N. (2013). Designing a global standardized methodology for measuring social entrepreneurship activity: the Global Entrepreneurship Monitor social entrepreneurship study. Small Business Economics, 40(3), 693-714.

Mahfud, T. (2012). Praksis pembelajaran kewirausahaan pada unit produksi jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Majdi, M. Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Internalisasi Nilai Kewirausahaan di Keluarga dan Motivasi Minat Berwirausaha. Educatio, 7(2), 1-15.

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Mauer, R., Neergaard, H., & Linstad, A. K. (2017). Self-efficacy: Conditioning the entrepreneurial mindset. In Revisiting the entrepreneurial mind (pp. 293-317). Springer, Cham.

Minniti, M., & Bygrave, W. (2001). A dynamic model of entrepreneurial learning. Entrepreneurship theory and practice, 25(3), 5-16.

Mulyani, E. (2014). Pengembangan Model Pembelajaan Berbasis Projek Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Sikap, Minat, Perilaku Wirausaha, Dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(1).

Rae, D., & Carswell, M. (2001). Towards a conceptual understanding of entrepreneurial learning. Journal of small business and enterprise development.

Siswadi, Y. (2014). Analisis faktor internal, faktor eksternal dan pembelajaran kewirausahaan yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 13(1).

Sullivan, R. (2000). Entrepreneurial learning and mentoring. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research.

Utami, Y. G. D. (2013). Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40-52.

Welter, F. (2005). Entrepreneurial behavior in differing environments. In Local heroes in the global village (pp. 93-112). Springer, Boston, MA.

Wibowo, A. (2011). Pendidikan Kewirausahaan (konsep dan strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, M. (2012). Pembelajaran kewirausahaan dan minat wirausaha lulusan SMK. Eksplanasi, 6(2).

Wicaksono, G., & Nuvriasari, A. (2012). Meningkatkan kinerja umkm industri kreatif melalui pengembangan kewirausahaan dan orientasi pasar: Kajian pada peran serta wirausaha wanita di kecamatan moyudan, kabupaten sleman, propinsi diy. Jurnal SosioHumaniora, 3(4).

Wijaya, T. (2007). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 117-127.

Zhao, H., Seibert, S. E., & Hills, G. E. (2005). The mediating role of self-efficacy in the development of entrepreneurial intentions. Journal of applied psychology, 90(6), 1265.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.33048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amel Mustikawati, Kurjono Kurjono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats