Value Historis Situs Kelenteng Pantulak Sebagai Sumber Belajar IPS Berbasis Pendidikan Multikulture Kelas VII di SMPN 3 Sungai Ambawang

Emi Tipuk Lestari, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Saiful Bahri, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Yulita Dewi Purmintasari, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Value Historis situs Klenteng Pantulak tersebut, dan mengetahui pemanfaatan situs Klenteng Pantulak  sebagai sumber belajar  dalam pembelajaran IPS berbasis Pendidikan Multikulture  di SMPN 3 Sungai Ambawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelenteng Pantulak merupakan bentuk akulturasi suku Dayak, Melayu, Madura dan Cina menghasilkan keanekaragaman budaya dan perdamaian antar suku terjalin dengan baik hingga saat ini. Dalam pembelajaran IPS berbasis multikultur Klenteng Pantulak menjadikan sebuah sumber pembalajaran yang tepat dengan materi maupun kondisi siswa di SMP N 3 Ambawang yang multietnis.

Full Text:

Download Full Paper

References


Alloy, Sujarni. (2008). Mozaik Dayak Keberagaman Subsuku dan Bahasa Dayak di Kalimantan Barat. Pontianak : Dayakkologi.

Badan Litbang Pusat Kurikulum, Depdiknas, 2007.

Banks, J.A. 1987. Teaching Strategies for Ethnic Studies. USA: Allyn and Bacon Inc.

Banks, J.A. 1993. “Multikultural Educatian: Historical Development, Dimentions and Practrice”. In Review of Research in Education, vol. 19, edited by L. Darling- Hammond. Washington, D.C.: American Educational Research Association. (E-Book), diakses tanggal 15 Januari 2016).

Creswell, John W.(2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kementerian Dalam Negeri, 2004. (online).http://www.depdagri.go.id/pages/data-wilayah. diakses tanggal 20 Maret 2012.

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bentang Budaya.

Somantri, Muh. Numan. (1990). Menggagas Pembaharuan Pendidika IPS. Bandung : PPs dan FPSejarah UPI.

Sugiono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Supriyadi, Yohanes. (2008) Cina Dalam Dayak: Potret Inkulturasinya di Kalangan Dayak Mampawah Kalimantan Barat dalam http://yohanessupriyadi.blogspot.com/2008/08/cina-dalam-dayak-potret-inkulturasinya.html

Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Untuk Meningkatkan Tenaga Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v16i2.28945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Emi Tipuk Lestari, Saiful Bahri, Yulita Dewi Purmintasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats