Diversitas persepsi masyarakat terhadap pendidikan

Fajar Wahyudi Utomo, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
Risma Sugihartati, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Abstract


Persepsi masyarakat tentang sesuatu hal dapat berbeda berdasarkan pengalaman baik yang dialami secara pribadi maupun kolektif. Dalam penelitian ini fokus utama adalah melihat dan mendeskripsikan secara mendalam, beragam persepsi yang ada khususnya pada masyarakat gang Mundu. Jarak yang tidak seberapa jauh dengan Kampus Gedong Unindra dapat menghasilkan beragam persepsi masyarakat mengenai pendidikan. Persepsi tidak hanya sekedar berbentuk opini, melainkan dapat terwujud dalam suatu aktivitas yang didorong oleh suatu keinginan yang ada dalam diri manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mewawancarai sampel representatif yakni warga masyarakat Gang Mundu. Penelitian ini berusaha mengungkap serta menggambarkan berbagai macam persepsi yang dimiliki masyarakat Gang mundu dengan harapan dapat bermanfaat sebagai bahan refleksi kampus Gedong UNINDRA. Hasil riset di lapangan menemukan terdapat berbagai keberagaman persepsi yang dimiliki oleh masyarakat Gang Mundu. Persepsi tersebut terbagi menjadi beberapa pola. Pola – pola tersebut antara lain, pola sosial, pola ekonomi dan pola akademik. Berbagai macam pola ini tentunya tercipta sebagai hasil hubungan timbal balik antara masyarakat Gang Mundu dengan hadirnya Kampus Gedong UNINDRA. Lebih jauh, hubungan timbal balik yang terjadi bukan sekedar persepsi yang tercipta dari hasil tangkapan indera saja melainkan hasil dari interaksi yang sulit dari kegiatan seleksi, penyusunan dan penafsiran.


Keywords


Diversitas, Persepsi, Pendidikan

Full Text:

DOWNLOAD FULL PAPER

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Suatu pendekatan praktek (15 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Lave, J. (2009). The practice of learning. In K. Illeris (Ed.), Contemporary Theories of Learning: Learning Theorists -- In Their Own Words. Routledge.

Mar’at. (1999). Sikap manusia perubahan dan pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soekanto, S. (1977). Hukum dan masyarakat. Surabaya: Universitas Airlangga.

Suparlan, P. (2003). Bhinneka Tunggal Ika: Pendahuluan: masyarakat majemuk Indonesia dan permasalahannya. Antropologi Indonesia, 72, 24–37.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fajar Wahyudi Utomo dan Risma Sugihartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats