Peran pengasuhan dalam pembentukan perilaku siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Galih Nugraheni, Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Darmiyati Zuchdy, Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pengasuhan orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) perilaku siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan (3) peran pengasuhan orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam pembentukan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Desember 2014, dengan siswa sebagai subjek penelitian. Peneliti menggali informasi sampai pada titik jenuh menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian menggunakan teknik informant review dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pengasuhan orang tua yang mengedepankan komunikasi tidak didukung lingkungan yang baik menyebabkan perilaku anak tidak baik. Pengasuhan yang cenderung mengarah ke penekanan tidak didukung lingkungan yang baik akan menyebabkan perilaku anak tidak baik. Apalagi pengasuhan yang memberi kebebasan tidak didukung dengan lingkungan yang baik otomatis akan menyebabkan anak yang tidak baik. Pendidikan IPS khususnya sosiologi berperan sangat penting dalam memperbaiki perilaku menyimpang terhadap remaja di sekolah, serta berperan strategis dalam mewujudkan perilaku yang baik.


Keywords


Pengasuhan orang tua, Perilaku, Peran pengasuhan

Full Text:

DOWNLOAD FULL PAPER

References


Burt, S.A., Donnellan, M.B. (2009). Development and validation of the subtypesof antisocial behavior. Questionnaire Department of Psychology, Michigan State University, Michigan, US.

Desforges, C, Abouchaar, A. (2003). The impact of parental involvement, parental support and family education on pupil achievement and adjustment: a literature review. Queen’s Printer 2003, British Columbia, Canada.

Feist, J.J. (2010). theories of personality, Jakarta: Salemba Humanika.

Hoeve, M., Blokland, A., Dubas, J.S., Loeber. R., Gerris J.R.M, Peter H. Laan, V.D. (2008). Trajectories of delinquency and parenting styles. Springer Science Business Media, LLC 2007, London.

Notosoedirdjo, M. & Latipun, (2011). Kesehatan mental, Malang, UPT Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Salkind, N.J., (2008). Encyclopedia of educational psychology. SAGE Publications, Inc., California, USA.

Schaffer, M., Clark, S., Elizabeth, Jeglic (2009). The role of empathy and parenting style in the development of antisocial behaviors. John Jay College of Criminal Justice, New York.

Shaffer, D.R, Kipp (2014). Developmen-tal psychology: childhood an adoles-cence, 9th Edition. Canada: Wadswort Cengage Learning.

Schofield, T. J., Conger, R. D., Donnellan, M. B., Jochem, R., Widaman, K. F., & Conger, K. J. (2012). Parent personality and positive parenting as predictors of positive adolescent personality development over time. Merrill-Palmer quarterly (Wayne State University. Press), 58(2), 255.

Terzian, M.A., Kristine, Andrews, Moore, K.A. (2011). Preventing multiple risky behaviors among




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Galih Nugraheni dan Darmiyati Zuhdy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats