Pengaruh Modal Sosial, Kompentensi Guru Dan Intensitas Kegiatan Mgmp Terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP
Farida Hanum,
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modal sosial, kompetensi guru, dan intensitas kegiatan MGMP terhadap profesionalisme guru SMP IPS Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah guru IPS SMP yang tergabung dalam MGMP Yogyakarta. Terdapat 109 guru yang diambil seluruhnya menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan quesioner untuk variabel modal sosial, kompetensi guru, intensitas kegiatan MGMP dan profesionalisme guru. Pengujian validitas instrument dilakukan dengan expert judgment dan analisis faktor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial bepengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, intensitas kegiatan MGMP berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, serta modal sosial, kompetensi guru dan intensitas kegiatan MGMP secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru SMP IPS Kota Yogyakarta.
Kata Kunci: .Modal Sosial, Kompetensi Guru, Intensitas Kegiatan MGMP, Profesionalisme GuruKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.19931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats