Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS
Hastuti Hastuti,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS. Penelitian eksperimen ini menggunakan matched subjects designs. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes. Data diolah menggunakan analisis T- test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan nilai rerata sebesar 83, 19 lebih tinggi dibandingkan rerata dengan model kooperatif Think Pair Share 73, 88. Peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif Think Pair Share diperoleh T hitung 15, 189 > T tabel 2, 042 pada taraf signifikansi 0,05, artinya terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS.
Kata kunci: model pembelajaran, hasil belajar
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.19930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats