Pengaruh Penerapan Metode VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode VCT (Value Clarification Technique) terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar PKn siswa di SMP N 3 Gamping dan SMP N 3 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau (Quasi Experiment). Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode VCT berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar. Hasil perhitungan diperoleh nilai F=7,116 dan nilai signifikansinya adalah 0,002<0,005. Maka terdapat pengaruh secara signifikan pembelajaran dengan menggunakan metode VCT terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa, atau terdapat perbedaan partisipasi dan hasil belajar siswa secara signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata kunci: VCT (Value Clarification Tehnique), Partisipasi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.15952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL SOCIA
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats