Mediasi Dalam Penyelesaian Sengketa Kesehatan Di Jogja Mediation Center

Setiati Widihastuti, Sri Hartini, dan Eny Kusdarini,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya sengketa kesehatan, dan menggambarkan cara mediator Jogja Mediation Center (JMC)  mengupayakan perdamaian diantara para pihak yang bersengketa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Wawancara  dan studi dokumentasi dipilih sebagai teknik pengumpulan data.   Subjek penelitian ditentukan dengan teknik   purposive. Analisis data  secara induktif, yang tahapannya terdiri dari reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, display data, kesimpulan serta verifikasi. Dalam simpulan penelitian ini dapat dikemukakan bahwa 1) terjadinya sengketa kesehatan disebabkan antara lain karena:  kurang efektifnya  komunikasi dalam menindaklanjuti  ketidakpuasan pasien atas layanan dan tindakan medis yang diterimanya,  serta meluasnya ketidakpuasan  pasien sampai ke ranah publik dan media massa, 2)     hampir semua sengketa kesehatan yang ditangani  oleh mediator Jogja Mediator Center,  bisa didamaikan dengan cara melakukan pendekatan psikologis pada para pihak yang bersengketa, mengadakan kaukus, memotivasi para pihak untuk hadir sendiri tanpa kuasa hukum dan melakukan manufer hukum dalam pembuatan akta  perdamaian

 

Kata kunci: sengketa kesehatan,  mediasi,   Jogja Mediation Center

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.15889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL SOCIA



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats