PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL PADA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Keterampilan sosial dalam penelitian ini meliputi aspek bekerjasama, komunikasi, dan tanggungjawab sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan pengembangan yang mengadaptasi model Dick&Carey. Validasi dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba dilakukan 2 tahap, yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan MANOVA, diketahui terdapat perbedaan keterampilan sosial dan prestasi belajar antara pembelajaran tanpa bahan ajar berbasis problem based learning dengan pembelajaran bahan ajar berbasis problem based learning.
Kata kunci: Bahan ajar berbasis problem based learning, keterampilan sosial.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL SOCIA
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats