PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI, INTERNET, DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi, Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1%, mengakses Internet sebesar 13,8%,dan mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses Internet, mengakses handphone terhadap disiplin belajar siswa adalah 57%%, sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian pengaruh penggunaan waktu menonton televisi memberikan sumbangan positif paling besar terhadap disiplin belajar siswa.
Kata kunci: menonton televisi, mengakses internet, mengakses handphone dan disiplin belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL SOCIA
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats