Peran Koperasi Sekolah dalam Meningkatkan Sikap Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 1 Wonogiri
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahuiperkembangan, peran, implementasi, hambatan dan usaha yang dilakukan koperasi sekolah dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa SMKN 1 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subyek penelitian adalah pengelola koperasi sekolah yang diambil dengan snowball purposive sampling. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: (1) Perkembangan koperasi sekolah baik dilihat dari jenis usahanya. (2) Peran koperasi sekolah meningkatkan sikap kewirausahaan siswa dapat dilihat dari kebutuhan siswa dalam belajar terpenuhi dan adanya perubahan sikap. (3) Implementasi pelaksanaan koperasi sekolah cukup baik yaitu siswa diberikan kepercayaan dalam kegiatan peminjaman untuk melatih keterampilan berwirausaha. (4) Hambatan yang dialami, internal: siswa belum terlibat langsung dalam pengelolaan koperasi, sarana dan prasarana belum lengkap;eksternal: belum ada pelatihan dan bimbingan secara terprogram dari dinas terkait. (5) Usaha yang dilakukan,internal: memberikan pelatihan sederhana, meningkatkan sosialisasi,menambah perlengkapan dan penyediaan barang; eksternal: melakukan kerjasama dengan dinas terkait melalui pelatihan, monitoring dan bimbingan secara terprogram.
Kata kunci: peran, koperasi sekolah, sikap kewirausahaan.
DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v12i2.12242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL SOCIA
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats