Peran Kultur Sekolah dalam Pengembangan Soft Skill Siswa di SMA Piri 1 Yogyakarta

Pipit Aman,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) realita kultur sekolah, (2) bentuk kultur sekolah, (3) penerapan prinsip demokrasi oleh kepala sekolah, (4) realita soft skill siswa, dan (5) Faktor pendukung pengembangan soft skill siswa; di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan memverifikasi data dari lapangan. Hasil penelitian: (1) realita kultur sekolah nampak dari artifak-artifak yang ada yaitu slogan, peraturan, cerita, upacara, simbol, logo, dan gambar,2) bentuk kultur sekolah nampak dari pelaksanaan nilai-nilai islami, kerjasama saling menghargai dan saling mendukung, serta penegakan disiplin dan tanggungjawab,(3) kepala sekolah menerapkan prinsip demokrasi dalam pembagian tugas dan tanggungjawab,(4) Realita soft skill siswa dilihat pada kemampuan interpersonal dalam berhubungan dan berkerjasama, nampak pada kemampuan mengendalikan emosi, menerima nasehat, dan selalu berpikir positif,(5) faktor pendukung pengembangan soft skill siswa bersumber dari peraturan sekolah dan partisipasi warga sekolah.

Kata kunci: Kultur Sekolah, Pengembangan, dan Soft Skill.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v12i2.12241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL SOCIA



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats