SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEBUDAYAANUNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Adiza Belva H., Septi Rohni Undari, Wildan Isnaini Yahya Neng Sa’adah,dan Imas Widowati,

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan dan mengembangkan media POBUNDO (Pop-up Budaya Indonesia) sebagai media pembelajaran yang membantu siswa untuk mempermudah penyerapan materi pelajaran IPS yang berkaitan dengan budaya Indonesia.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) Borg & Gall (1983: 772) yang disederhanakan menjadi 7 tahapan yaitu : 1) Reseacrh and information collection, 2) Planning, 3) Develop preliminary form of product, 4) Preliminary field testing, 5) Main product revision, 6) Main field testing, 7) Operasional product revision. Uji efektivitas media POBUNDO dilakukan dengan metode kuasi eksperimen yang melibatkan siswa kelas IV SDN Demangan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kuantitatif.Hasil uji validasi media bahwa media POBUNDO sangat baik dalam aspek tampilan media dengan presentase 100% dan dalam aspek media termasuk dalam kategori sesuai dengan presentase 75%. Hasil uji validasi materi termasuk dalam kategori sesuai dengan presentase 71,5%. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan kelas kontrol, yaitu dari 2,695 menjadi 7,522. Sedangkan kelompok kontrol memiliki kenaikan nilai dari 2,391 menjadi 5,043.Kata kunci : Pobundo, pop up, media pembelajaran, budaya Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Flag Counter