PENDEKATAN CONTRUCTJV/ST LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN LEBIH BERMAKNA P ADA MA TA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

Ali Muhtadi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajarAn
constructivist learning cycle dapat dijadikan alternatif untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih bermakna pada mata
· kuliah media pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana
penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Constructivist
leaming cycle yang paling baik dan tepat untuk meningkatkan kualitas
perkuliahan mala kuliah media pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metodologi tindakan kelas dengan subjek
penelitian mahasiswa prodi Tl' sejumlah 25 orang yang mengarn\:iil
mata kuliah media pembelajaran. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik observasi dan tes. Sedang instrumen penelitian
yang digunakan adalah catatan observasi dan hasil tes. Analisis data
penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil tindakan dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1). model
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan constructivist learning
cycle dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kompetensi
mahasiswa dalam mata kuliah media pembelajaran. 2). dengan
mencrapkan model pembelajaran menggunakan pendekatan
constructivist learning cycle telah terjadi peningkatan hasil belajar
mahasiswa dan kualitas proses pembelajaran yang lebih bermakna.
Selain itu dari aspek psikomotor, mahasiswa telah mulai terampil untuk
menggunakan beberapa media yang ada seperti media video, audio,
OHP, media berprograma, foto, poster, dan CAI (media komputer
pembelajaran). Dan dari aspek affektif, siswa akan terlatih untukjujur
dengan hasil pengamatannya, dapat bekerja sama dalam kelompok,
hati-hati dalam bekerja dan lain-lain.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.