KUALITAS PRODUK MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Sungkono Sungkono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas produk media audio
pembelajaran yang dikembangkan oleh mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan
FIP UNY ditinjau dari penerapan prinsip desain pesan pembelajaran dan aspek
permediaan.
Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis isi.
Metode pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, dan instrumen yang digunakan yaitu
lembar observasi. Obyek penelitian yaitu tujuh judul produk media audio pembelajaran karya
mahasiswa Program studi Teknologi Pendidikan pada tahun 2010. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis statistik deskriptif kuantitatif teknik persentase.
Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kualitas produk media audio
pembelajaran pada kategori cukup baik, dan secara khusus masing-masing aspek menunjukkan
bahwa aspek penerapan prinsip disain pesan pembelajaran secara umum pada kategori baik
(92%) dengan kontribusi aspek prinsip motivasi kategori baik (72%), prinsip pemusat perhatian
kategori baik (85%) prinsip aktivitas kategori baik (90%), aspek perulangan kategori baik
(90%), dan umpan balik kurang baik (43%). Sementara aspek permediaan secara keseluruhan
pada kategori cukup baik (69%), secara rinci aspek penyajian kategori baik (71%), narasi
kategori cukup baik (62%), musik kategori cukup baik (60%), fisik kategori cukup baik (58%),
dan aspek efek suara kategori cukup baik (55%).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.