PENGEMBANGAN l\fETODE LOV MS DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI ANAK AUTISME PRA SEKOLAH

Hermanto Hermanto, , Indonesia

Abstract


Perkembangan berbagai kelainan pada masa anak-anak, semakin
hari semakin bermacam-macam . jumlah dan jenisnya. Ditemukannya
berbagai macam jenis kelainan tersebut_sangat djpengaruhi_oleh majunya
teknologi pendeteksi kesehatan anak. Disisi lain bertambahnya jumlah
kelainan- pada anak-anak juga sangat dipengarubi oleh adanya kondisi
psikis dan tuntutan hidup bagi para orang tua. Akhir-a.khir ini, sebagai
satu jenis kelainan yang diderita dan diketahui jenis kelainannya secara
jelas sekitar usia tiga tahun adalah kelainan perkembang&n anak-anak
yang disebut dengan autisme. Autisme adalah gangguan perkembangan
pada anak-anak, dirnana anak yang mengalami kelainan autisme
mengalami gangguan perkernbangan, komunikasi bahasa dan sosial.
Anak autisme dengan berbagai jenis dan tingkatan baik berat
rnaupun ringan, keduanya merupakan kelainan perkembangan anak-anak
yang sangat berpengaruh pada perkembangan selanjutnya. Pengaruh
perkembangan tersebut, semisal pada kemampuan komunikasinya dengan
orang lain. Mereka mengalami kesulitan berinteraksi dan
merigekspresikan apa yang mereka kehendakL Bahasa mereka merupakan
bahasanya sendiri atau dengan istilah lain bahasa "planet". Anak autisme
usia pra sekolah dengan kondisi kebahasaan yang demikian sangat
memerlukan penangailan intensif berupa terapi dan pengajaran secara
terintegrasi. Untuk membantu kemampuap komunikasi bahasa, dalam
penanganannya dapat dilakukan dengan inenggunakan metode Lovaas
atau Applied Behavior Analysis. Metode ini perlu terns dikembangkan
dalam implementasinya untuk membantu kemampuan komunikasi anak
autisme khususnya dan kemampuan lainnya dengan menyesuaikan
kemampuan kondisi atau karakter anak autisme.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.