MENCIPTAKAN IKLIM KELAS (CLASSROOM CUMATE) YANG KONDUSIF DAN BERKUALITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Proses pembelajaran seharusnya mampu menciptakan suasana kelas atau
iklim kelas yang kondusif untuk mendukung terciptanya kualitas proses
pembelajaran. Namup sayangnya proses pembelajaran yang terjadi selama ini
ma8ih cenderung satu aiah, kurang memperhatikan partisipasi aktif siswa
dalam proses pembelajaran. -Akibatnya· pro5es · pemoetajaran yang terjadi
selama ini kurang bermakna bagi siswa, sehingga belum · mampu
mengembangkan kompetensi dan potensi Jcemampuan siswa secara lebih
optima!. Suatu proses pembelajaran di sekolah yang penting bukan saja
materi yang diajarkan atau pun siapa yang mengajarkan, melairikan bagaimana
materi tersebut diajarkan. Bagaimana guru menciptakan iklim kelas
(Classroom Climate) dalam proses pembelajaran tersebut.
Banyak faktor yang perlu dipe:rhatikan dalarn menciptakan iklim kelas
yang berkualitas dan kondusif guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
Adapun beberapa faktor yang perlu diperhatikan tersebut antara lain, yaitu:
pertama, pendekatan pembelajaran hendaknya berorientasi pada bagaimana
siswa belajar (student centered); Kedua, adanya penghargaan guru terhadap
partisipasi aktif siswa dalam setiap konteks pembelajaran. Ketiga, guru
hendaknya bersikap demokratis dalam memeneg kegiatan pembelajaran.
Keempat, setiap permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran
sebaiknya dibahas secara dialogis. Kelima, lingkungan kelas sebaiknya
disetting sedemikian rupa sehingga memotivasi belajar siswa dan mendorong
terjadinya proses pembelajaran. Keenom, menyediakan berbagai jenis sumber
belajar atau informasi yang berkaitan dengan berbagai sumber belajar yang
dapat diakses atau dipelajari siswa dengan cepat.
iklim kelas yang kondusif untuk mendukung terciptanya kualitas proses
pembelajaran. Namup sayangnya proses pembelajaran yang terjadi selama ini
ma8ih cenderung satu aiah, kurang memperhatikan partisipasi aktif siswa
dalam proses pembelajaran. -Akibatnya· pro5es · pemoetajaran yang terjadi
selama ini kurang bermakna bagi siswa, sehingga belum · mampu
mengembangkan kompetensi dan potensi Jcemampuan siswa secara lebih
optima!. Suatu proses pembelajaran di sekolah yang penting bukan saja
materi yang diajarkan atau pun siapa yang mengajarkan, melairikan bagaimana
materi tersebut diajarkan. Bagaimana guru menciptakan iklim kelas
(Classroom Climate) dalam proses pembelajaran tersebut.
Banyak faktor yang perlu dipe:rhatikan dalarn menciptakan iklim kelas
yang berkualitas dan kondusif guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
Adapun beberapa faktor yang perlu diperhatikan tersebut antara lain, yaitu:
pertama, pendekatan pembelajaran hendaknya berorientasi pada bagaimana
siswa belajar (student centered); Kedua, adanya penghargaan guru terhadap
partisipasi aktif siswa dalam setiap konteks pembelajaran. Ketiga, guru
hendaknya bersikap demokratis dalam memeneg kegiatan pembelajaran.
Keempat, setiap permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran
sebaiknya dibahas secara dialogis. Kelima, lingkungan kelas sebaiknya
disetting sedemikian rupa sehingga memotivasi belajar siswa dan mendorong
terjadinya proses pembelajaran. Keenom, menyediakan berbagai jenis sumber
belajar atau informasi yang berkaitan dengan berbagai sumber belajar yang
dapat diakses atau dipelajari siswa dengan cepat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.