TEKNOLOGI INFORMASI P ADA PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN

Pujiriyanto Pujiriyanto, , Indonesia

Abstract


Perkembangan · dan kemaj'111n teknologi informasi mempengaruhi
sistem kerja dan 1kinerja jJubagai pusat sumber belajar. Kinerja
erpustakaan sebagai salah satu jenis pusat sumber belajar sangat
dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. informasi. Para
pustakawan, stuf pcrpustukuan dan tenaga pendukung pusat-pusut
sumber belajar, khususnya di perguruan tinggi mula berbenah diri.
Perkembangan dan tuntutan kebutuhan informasi pemakai
mendorong perpust1c1kaan menerapkan dan mengintegrasikan
teknologi informasi dalam bentuk sistem komputerisasi.
Perpustakaan memiliki fungsi strategis sebagai wahana beJajar dan
sumber informasi belajar. Persoalannya pengintegrasian teknologi
pada perpustakaan tidaklah sesederhana yang dibayangkan.
Anggapan bahwa peran dan tugas staf perpustakaan dan
pustawakan menjadi berkurang mengindikasikan bahwa
pengintegrasian teknologi be I um diintegrasikan .sebagai pendukung
pencapaian tujuan pembelajaran. Tersediannya sarana akses dan
dapat mencari informasi yang dikehendaki tidaklah cukup bagi
mahasiswa. Pustakawan, staf perpustakaan bersama dosen dan
mahasiswa harus mengembangkan kemampuan-kemampuan dasar
dalam mengorganisir, menganalisis, memecahkan masalah dan
berpikir lanjut yang dapat meningkatkan kemampuan belajar dan
merubah cara belajar. Pustakawan, dosen dan mahasiswa harus
sating bekerjasama untuk meningkatkan kemampuan mengolah,
menyeleksi, menganalisis, mengorganisir dan memecahkan
masalah sehingga mendukung pencapaian tujuan pembelajaran
yang diharapkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.