PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIAN SOAL-SOAL MATERI SPLDV MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA BAGI SISWA VIIID SMP N 5 SRAGEN SEMESTER 1 TH 2008/2009

SUKAMTI, SPD .,

Abstract


Dalam pembelajaran Sistem Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sragen masih banyak yang di bawahKKM( KKM 65) terutama dalam menyelesaikan soal-soal. Oleh karena itu perlusuatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tersebut yaitumelalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelasVIIIDSMP Negeri 5 Sragen tahun pelajaran 2008/2009 dalam menyelesaikansoal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajarankooperatif dengan tutor sebaya.Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 5 Sragen jumlah 40 anak,seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputihasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabilasekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 6 5 .Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar62,50% dengan nilai rata-rata 67,13 dan pada siklus II sebesar 87,50% dengan nilairata-rata 77,88 (2) Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus IIsebesar 82,50%. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus Ihasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belumtereapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berartiindikator keberhasilan sudah tercapai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.