MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN PENGUASAANMATERI LINGKARAN I MELALUI LATIHAN MANDIRIBAGI SISWA KELAS VIIIE SMP N 5 SRAGENSEMESTER GENAP TAHUN 2009/2010

SUKAMTI .,

Abstract


di kelas. Strategi mengajar merupakan cara agar siswa dapatmenguasai materi pelajaran secara maksimal. Namun kenyataan di lapangan tidaksemulus yang telah direncanakan Kenyataannya banyak siswa yang tidak dapatmenguasai materi pelajaran, terutama mata pelajaran Matematika masih banyak anakyang nilai ulangan di bawah KKM (KKM 70) .Tujuan dilakukannyan penelitian tindakan kelas ini metode Latihan Mandiri iniadalah untuk meningkatkan penguasaan materi Lingkaran I sub pokok bahasanKeliling Lingkaran.Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengacu pada metodologi actionresearch, yaitu(1) perencanaan,(2) implementasi tindakan,(3) pengamatan danevaluasi,(4) refleksi, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Latihan mandiri merupakansuatu latihan soal dengan cara siswa membuat soal beserta penyelesaiannya setelahmendapat materi dan disertai dengan contoh dan cara menyelesaikannya.Hasil latihan mandiri siklus 1 menunjukkan bahwa ketrampilan siswa dalammembuat soal beserta penyelesaiannya sebesar 84,62 %, dan hasil latihan pada siklus2 ketrampilan siswa mencapai 92,86 %. Sedangkan rata-rata hasil tes siklus 1sebesar 67,50 dan rata-rata hasil tes siklus 2 sebesar 78,63. Hal ini menunjukkanadanya peningkatan hasil belajar siswa.Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa latihan mandiri dapatmeningkatkan penguasaan materi Lingkaran I sub pokok bahasan Keliling Lingkaranbagi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 5 Sragen Semester Genap Tahun Pelajaran2009/2010 . Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Perbanyak latihanagar siswa lebih mudah dalam menguasai materi, perhatikan intensitas latihan mandiriagar siswa tidak mengalami kejenuhan, guru harus trampil dalam mengatasi kesulitanbelajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.