PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENGEMBANGKAN RPP MODELPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN DISKUSI TUTOR SEBAYAPADA GURU KELAS SD NEGERI 02 KWADUGAN SEMESTER 1TAHUN 2011/2012

Tarno, S.Pd,

Abstract


Tujuan peneliti ini untuk meningkatkan kinerja guru dalam menyusun RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) model pembelajaran kontekstual dengan diskusi tutor sebayapada guru kelas SD Negeri 02 Kwadungan Semester 1Tahun Pelajaran 2011/2012. Metodologiyang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Skolah (PTS) yang terdiridari..........Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan keberhasilan ketercapaian indikatorpenelitian dengan perincian sebagai berikut; (a) pada kondisi awal penguasan penyususan RPPmodel pembelajaran kontekstual para guru kelas dengan alat penilaian APKG 1 mencapai ratarata75. (b) pada siklus 1 pencaian nilai rata-rata penyusunan RPP model pembelajarankontekstual adalah 82,5. Berarti mengalami peningkatan 7,5 digit dari kondisi awal. (c) padasiklus 2 pencapaian nilai rata-rata penyusunan RPP model pembelajaran kontekstual adalah 92.Berarti mengalami peningkatan 9,5 digit.Maka dapat disimpulkan penelitian tindakan sekolah dengan hipotesa ” Metode diskusitutor sebaya dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun RPP model pembelajarankontekstual pada Guru Kelas SD Negeri 02 Kwadungan Semester 1 tahun 2011/2012” dapatditerima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.