Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 4 Surakarta Semester Satu Tahun 2011/2012

Dra. Siti Masruroh,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan masukkegiatan belajar mengajar jam pertama pada siswa kelas VII H SMP Negeri 4Surakarta semester satu tahun 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Surakarta yang terletak diJl. DI Panjaitan No. 14 telp 0271 – 633880, kalurahan Stabelan, KecamatanBanjarsari, Surakarta.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakankelas yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I: layanan konseling individu tanpakonsultasi orang tua dan siklus II: layanan konseling individu dengan konsultasiorang tua.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui layanan konselingindividu dapat meningkatkan kedisiplinan siswa masuk kegiatan belajar mengajarjam pertama bagi siswa kelas VII H SMP Negeri 4 Surakarta semester satu tahun2011/2012. Terlihat dari kondisi awal kedisiplinan kegiatan belajar mengajar jampertama rata-rata 77 ke kondisi akhir rata-rata 80, meningkat sebesar 3,75%sedangkan nilai terendah mengalami kenaikan sebesar 17,8%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.