Studi eksplorasi lulusan prodi ilmu keolahraan dengan relevansi pekerjaan

Duwi Kurnianto Pambudi, Department of Sports Science, Faculty of Sports Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumarjo Sumarjo, Department of Sports Science, Faculty of Sports Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fatkurrahman Arjuna, Department of Sports Science, Faculty of Sports Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian tracer study bertujuan untuk mengetahui profil lulusan di Prodi S-1 Ilmu Keolahragaan FIK UNY, peta sebaran alumni dalam relevansi pekerjaan, relevansi pekerjaan merupakan indikator kesuksesan penyelenggaraan program studi, relevansi pekerjaan dapat menjadikan salah satu cara untuk masukan bagi prodi Ilmu Keolahragaan terkait relevansi pekerjaan. Prodi S-1 Ilmu Keolahragaan FIK UNY memiliki 4 konsentrasi keahlian yang menjadi pilihan bagi pengembangan keahlian mahasiswa sesuai dengan minat dan ketrampilannya dengan relevansi pekerjaan lulusan. Responden berjumlah 93 responden dengan angkatan masuk kuliah dari tahun 2008 sampai dengan 2017. Konsentrasi kuliah yang diambil tertinggi adalah konsentrasi kebugaran jasmani dengan 36 responden (38,7%) sedangkan konsentrasi aktivitas fisik adaptif menjadi konsentrasi yang diambil terkecil dengan 4 responden (4,3%). Hasil data kelanjutan studi lulusan Prodi S-1 Ilmu Keolahragaan tertinggi adalah tidak melanjutkan studi yaitu 51 responden (54,8%), diikuti oleh melanjutkan dan sudah lulus 23 responden (24,8%), lanjut dan akan mendaftar kuliah 11 responden (11,8%) dan terkecil sedang melanjutkan studi lanjut 8 responden (8,6%), data ini menjadi indikator dan menjadi dasar untuk dapat mengakselerasi dan menggaungkan untuk studi lanjut setelah lulus prodi S-1 Ilmu Keolahragaan mengingat di Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK UNY sudah tersedia program magister (S-2) dan program Doktor (S-3) Ilmu Keolahragaan, sehingga untuk linieritas dan keberlanjutan studi sudah tersedia dan terbuka. Data pekerjaan lulusan Prodi S-1 Ilmu Keolahragaan dengan jumlah tertinggi pekerjaan adalah guru dengan jumlah 20 responden (21,5%), dan terkecil adalah peneliti dan analis Keolahragaan, reporter dan jurnalis olahraga, terapis dalam bidang pengobatan tradisional, terapis manipulatif kebugaran jasmani berjumlah masing-masing 1 responden (1,1%). Secara total dari 93 responden yang sudah bekerja, pekerjaan yang sesuai dengan lulusan prodi S-1 Ilmu Keolahragaan adalah 73 responden (71,1%) bekerja sesuai dengan profil lulusan prodi S-1 Ilmu Keolahragaan, wiraswasta 9 responden (9,6%), sedangkan 18 responden (19.3%) bekerja tidak sesuai dengan relevansi lulusan prodi S-1 Ilmu Keolahragaan.

Exploration study of sports science study graduates with occupational relevance

Abstract


Tracer study aims to find out: Profile of graduates in the S-1 Sports Science Study Program, FIK UNY, a map of the distribution of alumni in job relevance, job relevance is an indicator of the success of the study program implementation, and job relevance can be one way to provide input for the Sports Science study program related to job relevance. The S-1 Sports Science Study Program FIK UNY has 4 concentrations of expertise that are an option for developing student skills according to their interests and skills with the relevance of the graduate's work. Respondents were 93 respondents from the class entering college from 2008 to 2017. The highest concentration of lectures taken was the concentration of Physical Fitness with 36 respondents (38.7%) while the concentration of Adaptive Physical Activity was the smallest concentration taken with 4 respondents (4.3 %). The results of the continuation of study data for S-1 Sports Science graduates are the highest discontinued study, namely 51 respondents (54.8%), followed by continuing and having graduated 23 respondents (24.8%), continuing and will register for college 11 respondents (11,8%) and the smallest is continuing further studies 8 respondents (8,6%), This data becomes an indicator and becomes the basis for being able to accelerate and echo for further studies after graduating from the S-1 Sports Science study program considering that in the Department of Sports Science, FIK UNY, there are already master programs (S-2) and Doctoral programs (S-3) in Sports Science, so that linearity and continuity of studies are available and open. Employment data for S-1 Sports Science graduates with the highest number of jobs are teachers with a total of 20 respondents (21.5%), and the smallest are researchers and sports analysts, sports reporters and journalists, therapists in traditional medicine, physical fitness manipulative therapists totaling each 1 respondent (1.1%). In total, out of 93 respondents who are already working, jobs that are suitable for graduates of the S-1 Sports Science study program 73 respondents (71.1%) working following the profile of graduates of the S-1 Sports Science study program, entrepreneurs 9 respondents (9.6%), while 18 respondents (19.3%) worked not in accordance with the relevance of graduates of the S-1 Sport Science study program.




Keywords


tracer study; relevansi pekerjaan; konsentrasi keahlian; prodi Ikor FIK UNY; job relevance; expertise concentration; sports science department

Full Text:

PDF

References


Adi, A. (2016). Analisis Penyebab Tingginya Pengangguran Sarjana Di Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue. http://repository.utu.ac.id/746/1/I-V.pdf

Aquino, A. B., Punongbayan, E. J., Macalaguim, L. P., Bauyon, S. M., Rodriguez, R. a, & Quizon, G. R. (2015). Teacher Education Graduate Tracer Study from 2010 to 2014 in One State University in Batangas, Philippines. Part II Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 45–50. https://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2016/01/APJMR-2015-3.5.2.06.pdf

Gonzaga, G. L. (2019). The Use of Tracer Study in Improving Undergraduate Programs in the University. Asia Pacific Higher Education Research Journal. https://www.academia.edu/40583968/The_Use_of_Tracer_Study_in_Improving_Undergraduate_Programs_in_the_University

Handayani, T., Penelitian, P., Lipi, K., & Penulis, K. (2015). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Di Indonesia Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Era Global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.14203/JKI.V10I1.57

Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Perspektif : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 18(2), 201–208. https://doi.org/10.31294/JP.V18I2.8581

Jariono, G., Nugroho, H., Lestari, I., Marganingrum, T., Yani Tromol Pos, J. A., Kartasura, P., Tengah, J., Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, P., Keolahragaan, F., Sebelas Maret, U., Menteri Supeno, J., Surakarta, K., Studi Pendidikan Jasmani, P., Rekreasi, dan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Jabal Gafur Sigli, U., & Gle Gapui, J. (2022). Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran penjas adaptif pada anak berkebutuhan khusus. Medikora, 21(1), 90–99. https://doi.org/10.21831/MEDIKORA.V21I1.44015

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 5 Tahun 2020, 29 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 1 (2020).

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Panduan Hibah Tracer Study. http://tracerstudy.dikti.go.id/upload/1457056734_panduan_hibah_tracer_study_2016_FIX.pdf

Kurniawan, T., Mustar, Y. S., Hariyanto, A., Susanto, I. H., & Noordia, A. (2021). Assessment transition of exercise and dietary habit of athletes before and during Ramadan in the pandemic of Covid-19. Medikora, 20(2), 113–124. https://doi.org/10.21831/Medikora.V20I2.40716

Maria, A., Hapsari, S., Bima, C., & Putra, A. (2022). System Design of Tracer Study Development in Higher Education. 15(1).

Muhson, A., Wahyuni, D., & Mulyani, E. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia, 8(1).

Nugroho, S., Nasrulloh, A., Sumaryanto, S., Sumarjo, S., & Pambudi, D. K. (2021). Alumni assessment on the quality of services and curriculum relevance of Program Study Sports Science FIK UNY. MEDIKORA, 20(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/MEDIKORA.V20I1.39370

Nur, A. M. (2011). Perkembangan dan Orientasi Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 21–38. https://doi.org/10.22373/JM.V1I1.4146

Nursubiyantoro, E., & Puryani, P. (2016). Perancangan Sistem Penelusuran Alumni (Tracer Study) Berbasis Web. Opsi, 9(2), 85–92. https://doi.org/10.31315/OPSI.V9I2.2228

Pambudi, D. K. (2020). Analisis standarisasi fasilitas gedung olahraga Universitas Negeri Yogyakarta. Medikora, 19(1), 46–52. https://doi.org/10.21831/MEDIKORA.V19I1.30887

Pontillas, V. V. (2018). Tracer Study on Bachelor of Science in Electrical Engineering Graduates of a Polytechnic College in the Philippines from 2007 to 2010. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 6(2), 36–46. http://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2018/06/APJMR-2018.6.2.2.05.pdf

Undang-undang nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah 32 (2012).

Putri, I. A. (2021). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2015-2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7424

Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Riset, K., & Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Penjaminan Mutu, dan. (2017). Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Riset Kependudukan, P., Riset dan Inovasi Nasional Gd Widya Graha Lt, B. X., & Jend, J. (2022). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Dan Program Link & Match Pada Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Program Kelautan & Perikanan. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 12(1), 23–37. https://doi.org/10.15578/JKSEKP.V12I1.10339

Saiful, M., Sudianto, A., & Nurhidayati, N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Tracer Study untuk Mengetahui Tingkat Kontribusi Perguruan Tinggi dengan Kompetensi Lulusan ( Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi ). Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.29408/JIT.V2I1.942

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Universitas Sumatera Utara. (2021). Laporan Tracer Study USU Lulusan 2020. https://tracerstudy.usu.ac.id/Laporan Tracer Study.pdf

UNY, B. A. dan K. F. (2021). Panduan Penelitian Tracer Study Fakultas.

Winarni, N. I., Sugiharto, S., & Yogaswara, A. (2021). Management of athlete achievement development, central java student sports coaching and training center. MEDIKORA, 20(2), 103–112. https://doi.org/10.21831/MEDIKORA.V20I2.40510




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v21i2.53697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MEDIKORA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats