Alumni assessment on the quality of services and curriculum relevance of Program Study Sports Science FIK UNY
Ahmad Nasrulloh, Department of Health and Recreation Education, Faculty of Sports Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumaryanto Sumaryanto, Department of Health and Recreation Education, Faculty of Sports Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumarjo Sumarjo, Department of Health and Recreation Education, Faculty of Sports Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Duwi Kurnianto Pambudi, Department of Health and Recreation Education, Faculty of Sports Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
This research is a quantitative descriptive study which aims to obtain an overview of alumni assessments in providing service quality and the relevance of the curriculum of the Sport Science Study Program, Faculty of Sport Sciences, Yogyakarta State University. The data collection method used a questionnaire with variables consisting of 1) the quality of financing services and academic activities 2) the waiting period of work, 3) the competence of graduates, and 4) the relevance of the curriculum. The population of this study were all graduates of the Ikor Study Program. Sampling with snowball sampling technique with a total of 113 samples. The research instrument used a questionnaire while for data collection techniques using google form. Data analysis was carried out by means of quantitative descriptive analysis. The results of the study show that the service quality of the Ikor study program in financing is very good, it is known that the tuition fees are 26.55% with scholarships and 73.45% at their own expense. Meanwhile, the quality of service in academic activities was good at 79.27%. Ikor Study Program graduates in obtaining employment amounted to 65.49% after graduating with an average of 3.47 months and before graduating 34.51% with an average of 5.23 months. The overall competence of graduates was very good, namely 85.3%, the most prominent being competence in working with teams or with other people, namely 88.5%. The results of the relevance of the curriculum are included in the very good category, namely 85.93%, in the relevance of the curriculum from the alumni assessment, the highest percentage of 90.97% was found in practice subjects that were delivered during lectures very well according to work needs. So as a whole it can be concluded that most of the alumni assessments in providing service quality and curriculum relevance are very good.
PENILAIAN ALUMNI TERHADAP MUTU LAYANAN DAN RELEVANSI KURIKULUM PROGRAM STUDI ILMU KEOLAHRAGAAN FIK UNY
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penilaian alumni dalam menyelenggarakan mutu layanan dan relevansi kurikulum Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan variabel yang terdiri dari 1) mutu layanan pembiayaan dan kegiatan akademik 2) masa tunggu pekerjaan, 3) kompetensi lulusan, dan 4) relevansi kurikulum. Populasi penelitian ini adalah seluruh lulusan Prodi Ikor. Pengambilan sampel dengan teknik snowball sampling dengan jumlah 113 sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner sedangkan untuk teknik pengumpulan data dengan google form. Analisis data dilakukan dengan jalan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilitian menunjukan bahwa mutu layanan prodi Ikor dalam pembiayaan sangat baik, diketahui bahwa pembiayan kuliahnya sebesar 26,55 % dengan beasiswa dan sebesar 73,45 % dengan biaya sendiri. Sedangkan mutu layanan pada kegiatan akademik hasilnya baik yaitu sebesar 79,27 %. Lulusan Prodi Ikor dalam memperoleh pekerjaan sebesar 65,49 % sesudah lulus dengan rata-rata sebesar 3,47 bulan dan sebelum lulus sebesar 34,51 % dengan rata-rata sebesar 5,23 bulan. Kompetensi lulusan secara keseluruhan sangat baik yaitu 85,3 % yang paling menonjol kompetensi dalam bekerjasama dengan tim atau dengan orang lain yaitu sebesar 88,5 %. Hasil relevansi kurikulum masuk dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 85,93 %, dalam relevansi kurikulum dari penilaian alumni persenstase yang paling tinggi yaitu sebesar 90,97 % terdapat pada matakuliah praktik yang disampaikan saat kuliah sangat sesuai dengan kebutuhan kerja. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penilaian alumni dalam penyelenggaraan mutu layanan dan relevansi kurikulum sebagian besar menyatakan sangat baik.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. S. (2013). Prosedur penelitian; suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Fajaryati, N., Priyanto, Sukardiyono, T., , Utami, A.D.W., Pambudi, S., & Destian, B. (2015). Studi Penelusuran (Tracer Study) terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 1, November 2015.
Fitzsimmons, James A and Mona J. Fitzsimmons. (2011). Service Management: Operations, Strategy, Information Technology 7th edition. The McGraw-Hill Internation Edition.
Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi . Jakarta, Kemendikbud
Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta . Jakarta, Kemendikbud
Kemenristekdikti. (2016). Panduan Hibah Tracer Studi Kemenristek dikti 2016. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Kemenristekdikti. (2017). Pelaksanaan Tracer Study Tingkat Nasional. Surat Edaran No 2546/B3.4/KM/2017. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Kemenristekdikti. (2017). Tentang Pelaksanaan Tracer Study di Perguruan Tinggi. Surat Edaran No. 471/B/SE/VII/2017. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Mas’ud, A. (2009). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Apotek Kimia Farma Jakarta Menggunakan Metode ServQual (Studi Kasus pada Tiga Apotek). Jurnal Kesehatan Masyarakat 4 (2):56-74.
Mubarak, W.I dan Chayatin, N. (2009). Ilmu Kesehatan MasyarakatTeori dan Aplikasi. Salemba Medika, Jakarta.
Mukti, A.G. (2007). Strategi Terkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan : Konsep Implementasi.Yogyakarta. PT. Karya Husada Mukti. 326 hal
Muninjaya, Gde AA. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta, EGC
Republik Indonesia .(2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang RI Nomor 12, Tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi.
Republik Indonesia. (1945). Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
Sugiyono. (2012) Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suryatama, E. (2014). Aplikasi ISO Sebagai Standar Mutu. Jakarta : Kata Pena
DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v20i1.39370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 MEDIKORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
In Collaboration with: