Hubungan tingkat kecerdasaan intelektual (IQ) dan kecerdasaan emosional (EQ) dengan penampilan bermain futsal

Aginda Andika, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia
Yudha Munajat Saputra, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia
Ahmad Hamidi, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia

Abstract


Inteligensia merupakan bekal potensi yang akan memudahkan dalam belajar dan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Namun taraf intelegensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang, karena ada faktor lain yang mempengaruhi diantaranya adalah kecerdasan emosional (EQ). Pemain futsal harus memiliki tingkat emosi (EQ) yang baik dan memiliki tingkat intelektual (IQ) yang seimbang agar bisa membantu tim atau dirinya sendiri dalam keberhasilan di bidangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecerdasaan intelektual (IQ) dan kecerdasaan emosional (EQ) dengan penampilan bermain futsal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru UKM Futsal UPI. Sample penelitian berjumlah 23 orang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampling menggunakan purposive  sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner untuk mengetahui tingkat kecerdasaan intelektual dan kecerdasaan emosional dan penampilan bermain futsal. Hasil analisa data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) terdapat hubungan yang signifikan antara IQ dengan penampilan bermain futsal, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara EQ dengan penampilan bermain futsal, dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara IQ dan EQ dengan penampilan bermain futsal.

Relationship between intellectual intelligence (IQ) and emotional intelligence (EQ) with futsal playing appearance

Abstract

Intelligence is a potential provision that will facilitate learning and produce optimal learning achievement. But the level of intelligence is not the only factor that determines a person's success, because there are other factors that influence including emotional intelligence (EQ). A futsal player must have a good level of emotion (EQ) and have a balanced intellectual level (IQ) in order to help the team or himself in success in his field. The purpose of this study was to determine the relationship between the level of intellectual intelligence (IQ) and emotional intelligence (EQ) with the performance of playing futsal. The research method used is quantitative descriptive method with correlation design. The population in this study was UPI Futsal UKM students. 23 student samples were taken by using a sampling technique using purposive sampling. The instrument used was a questionnaire to determine the level of intellectual intelligence and emotional intelligence and the appearance of playing futsal. The results of data analysis can be concluded as follows : 1) there is a significant relationship between IQ with the appearance of playing futsal, 2) there is a significant relationship between EQ with the appearance of playing futsal, dan 3) there is a significant relationship between IQ dan EQ with the appearance of playing futsal.


Keywords


kecerdasaan intelektual, kecerdasaan emosional, penampilan bermain futsal, intelligence, intellectual, quotient, futsal

Full Text:

PDF

References


Atkison, R. L., Atkinson, R. C. & Hilgard, E. R. (1996). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Barbero-Alvarez, J. C., Soto, V. M., Barbero-Alvarez, V., & Granda-Vera, J. (2008). Match analysis and heart rate of futsal players during competition. Journal of Sports Sciences, 27, (1), pp1-11 2007

Fraenkel, et al. (2012). How to Design and Evaluate Reserch in Education. USA: McGraw Hill. Inc.

Goleman, D, 2000, Kecerdasan Emosi: Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi daripada IQ, Alih Bahasa : T. Hermay, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Golemen, D. 2005. Working With Emotional Intelligence. (Terjemahan Alex Tri Kancono Widodo), PT Gramedia : Jakarta.

Hamidi, A. (2019). The Influences Of Learning Model And Motor Educability In Technical Learning Results And Basketball Playing Skills For Junior High School Students Sport Science Study Program. UPI: Bandung.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga ons). USA: Pearson, from https://doi.org/10.1080/02640410701287289

Larasati, D. M., & Prihananta, H. (2017). Pengaruh Terapi Musik terhadap Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding pada Atlet Futsal Putri. MEDIKORA, Vol. 16, No. 1.

Lautser (1992) dalam Ghufron dan Risnawati. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

McCoach, D. B., Yu, H., Gottfried, A. W., & Gottfried, A. E. (2017). Developing talents: A longitudinal examination of intellectual ability and academic achievement. High Ability Studies, 28(1), 7–28, from https://doi.org/10.1080/13598139.2017.1298996

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional.. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIII (2), 384–399.




DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v19i1.30025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MEDIKORA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

             


In Collaboration with:

   

Flag Counter

 View Journal Visitor Stats