IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN SD NEGERI BLIGO 1 KECAMATAN NGLUWAR: PERSPEKTIF SUMBER DAYA DAN KOMUNIKASI

Authors

  • Ida Roikhanah Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nur Sita Utami Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Danang Pujo Broto Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0009-0002-8426-2296

DOI:

https://doi.org/10.21831/majora.v30i2.81879

Keywords:

implementation, independent curriculum, resources and communication

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PJOK di kelas V SD Negeri Bligo 1, Kecamatan Ngluwar. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan informan utama terdiri dari kepala sekolah, guru PJOK, dan lima siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode triangulasi sumber yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di kelas V mencakup dua aspek utama: (1) dukungan dari sumber daya manusia dan fasilitas yang tersedia, serta (2) komunikasi yang efektif melalui sosialisasi Kurikulum Merdeka kepada guru dan siswa.


IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM IN PHYSICAL EDUCATION LEARNING AT BLIGO 1 PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL, NGLUWAR SUBDISTRICT: A RESOURCE AND COMMUNICATION PERSPECTIVE

 

Abstracts

This study aims to describe the implementation of the Merdeka Curriculum in Physical Education, Sports, and Health (PJOK) learning in Grade V at SD Negeri Bligo 1, Ngluwar Subdistrict. This research employs a qualitative descriptive method, with primary informants consisting of the principal, PJOK teacher, and five Grade V students. Data were collected through interviews and analyzed using source triangulation, which includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings reveal that the implementation of the Merdeka Curriculum in PJOK learning involves two main aspects: (1) support from human resources and available facilities, and (2) effective communication through socialization of the Merdeka Curriculum to teachers and students.

Author Biography

Danang Pujo Broto, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta

References

Astutik, D., Yuhastina, Y., Ghufronudin, G., & Parahita, B. N. (2022). Guru Dan Proses Pendidikan Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p46-54 12(1),

Edward III, G. (1980). Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press. Washington, DC.

Fadhilah, S. N. (2023). Implementasi Manajemen Mutu dalam Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di SMA Ya Bakii Kesugihan. Jurnal Tawadhu, 7(1), 87-95.

Goh, T. L., Moosbrugger, M., & Mello, D. (2020). Experiences of preservice and in service teachers in a comprehensive school physical activity infusion curriculum. Education Sciences, 10(10), 1–13. https://doi.org/10.3390/educsci10100290.

Irmawan, D., Mulyadiprana, A., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Pasirjeungjing. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2592 3(02), 287–301.

Indahwati, N., Maksum, A., Wicahyani, S., Oky Ristanto, K., & Prakoso, B. (2023). Persepsi guru terhadap kurikulum merdeka belajar: Analisis dari segi pengetahuan dan keyakinan. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22, 144. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15802

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kurniasih, Imas. (2022). A - Z Merdeka Belajar + Kurikulum Merdeka. Kata Pena

Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan solusi dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada jenjang sekolah dasar: Sebuah kajian literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298. https://doi.org/10.58230/27454312.231

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, R. K. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar, 2–5.

Sudana, I. M., Utomo, K. B., & Royana, I. F. (2023). Kesiapan Satuan Pendidikan di Kota Semarang Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. 6(1), 43–52.

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952.

Suryaningsih, M. R., & Desstya, A. (2015). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 12–26.

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907 Guru, 9(2), 1003–1009

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Roikhanah, I., Utami, N. S., & Broto, D. P. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN SD NEGERI BLIGO 1 KECAMATAN NGLUWAR: PERSPEKTIF SUMBER DAYA DAN KOMUNIKASI. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 30(2), 103–111. https://doi.org/10.21831/majora.v30i2.81879

Issue

Section

Articles