TREND PUBLIKASI ILMIAH PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN JASMANI FIKK UNY
Soni Nopembri, Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fathan Nurcahyo, Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ismail Gani, Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Sigit Antoni, Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Cholis Majid, Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika perguruan tinggi dewasa ini dituntut untuk melakukan publikasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend publikasi ilmiah yang dilakukan mahasiswa Program Magister Pendidikan Jasmani FIKK UNY angkatan 2021-2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kuantitatif dengan pendekatan survey tentang studi kasus (casus study research) pemetaan penelitian mahasiswa. Instrumen dan pengumpulan data penelitian ini pedoman ceklist dan studi dokumentasi. Populasi dan sampel yang ditetapkan peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya dalam penelitian ini seluruh publikasi ilmiah sebanyak 42 yang ditemukan dari karya mahasiswa Program Magister Pendidikan Jasmani FIKK UNY. Teknik analisis data dilakukan secara analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil Trend publikasi ilmiah karya mahasiswa Program Magister Pendidikan Jasmani FIKK UNY angkatan 2021-2024 sebagai berikut; 1) Jenis publikasi paling dominan adalah karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional, dengan jumlah 33 publikasi atau 78,57%. 2) jenis penelitian yang dipublikasikan mayoritas menggunakan penelitian jenis deskriptif, sejumlah 10 publikasi atau 23,81%, 3) subjek penelitian yang dipublikasikan mayoritas merupakan peserta didik, sejumlah 18 publikasi atau 42,86%, 4) lokasi penelitian yang dipublikasikan mayoritas dilakasnakan di sekolah, sejumlah 31 publikasi atau 73,81%.
SCIENTIFIC PUBLICATION TREND OF PHYSICAL EDUCATION MASTER PROGRAM FIKK UNY
Abstracts
Students as part of the higher education academic community are currently required to carry out scientific publications. This study aims to determine the trend of scientific publications by students of the Master of Physical Education Program, FIKK UNY batch 2021-2024. This research is a quantitative descriptive research with a survey approach about case studies (casus study research) mapping student research. This research instrument and data collection are checklist guidelines and documentation studies. The population and sample set by researchers to study and then draw conclusions in this study were all 42 scientific publications found from the work of students of the Master of Physical Education Program at FIKK UNY. Data analysis techniques are carried out by quantitative descriptive analysis with percentages. Trend results of scientific publications by students of the Master of Physical Education Program FIKK UNY batch 2021-2024 as follows; 1) The most dominant type of publication is scientific work published in international journals, with 33 publications or 78.57%. 2) the majority of published research types use descriptive type research, a total of 10 publications or 23.81%, 3) the majority of published research subjects are students, a total of 18 publications or 42.86%, 4) the majority of published research locations are carried out in schools, a total of 31 publications or 73.81%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, M., & Rahmaida, R. (2017). Produktifitas Ilmiah Peneliti Indonesia pada Penelitian Keanekaragaman Hayati Indonesia Berdasarkan Basis Data Scopus 1990-2015. Jurnal Biologi Indonesia, 13(2), 241–252. Retrieved from https://doi.org/10.47349/jbi/13022017/241
Andayani, U. (2022). PERKEMBANGAN PUBLIKASI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA TERINDEKS SCOPUS TAHUN 2019-2021, 21, 38–48.
Budiwan, J., & Suswandari, M. (2021). Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan kompetensi profesional dosen. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(1), 9. Retrieved from https://doi.org/10.32585/educate.v1i1.1797
Darmalaksana, W., & Busro, B. (2021). AKSELERASI PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA: Studi Kasus WPAJ HMJ IAT UIN Sunan Gunung Djati Bandung. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 139–157. Retrieved from https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.35
Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. Retrieved from https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
Hasan, T., & Yurnalis. (2022). Kajian Bibliometrik Produktivitas Publikasi Ilmiah Dosen Unri Pada Jurnal Terindeks Scopus Berdasarkan Dalil Lotka’s Law. Jurnal Gema Pustakawan, 10(2), 88–103. Retrieved from https://doi.org/10.31258/jgp.10.2.88-103
Hermawan, H. A., Yudanto, & Nurcahyo, F. (2022). Survei pemetaan penelitian mahasiswa Program Magister Prodi Ilmu Keolahragaan konsentrasi Pendidikan Olahraga FIK UNY. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 89–98.
Ibrahim, C. (2019). Tren Kepenulisan Publikasi Penelitian Indonesia Pada Jurnal Scopus. Journal of Documentation and Information Science, 3(1). Retrieved from https://doi.org/10.33505/jodis.v3i1.50
Iriani, T. (2017). Trend Penelitian Pendidikan Dan Kemampuan Menyusun Skrpsi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 6(2), 92–105. Retrieved from https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i2.8238
Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta. Journal of Social Outreach, 1(2), 1–9. Retrieved from https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.3914
Khulzannah, M. (2018). Strategi Peningkatan Publikasi Ilmiah Di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 238–248. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/3239
Kurniawan, S., Wiranata, W., Agung Winata, P., Phua, G., Vannesse Ting, V., Ladi, S., … Batam, K. (2021). Pengenalan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Pada Sekolah Cerdas Mandiri Batam. Dinamika Sosial Budaya, 23(2), 300–303. Retrieved from http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb
Ratnaningsih, Himawan, D., & Saleh, A. R. (2017). Peta Penelitian Terhadap 12 Jenis Buah Lokal Indonesia pada Skripsi, Tesis, dan Disertasi Lulusan IPB. Visi Pustaka, 19(3).
Retnowati, T. H., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). KINERJA DOSEN DI BIDANG PENELITIAN DAN PUBLIKASI ILMIAH. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 215–225.
Shoffah, N., Salamah, S., Darmalaksana, W., Ushuluddin, F., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2021). Increasing Student Article Writing for Higher Education Scientific Publication Acceleration Peningkatan Penulisan Artikel Mahasiswa bagi Akselerasi Publikasi Ilmiah Pendidikan Tinggi. The Journal of Educational Research, 02(02). Retrieved from http://journal.medpro.my.id/index.php/edukasi
Sugilar, H., Priatna, T., & Darmalaksana, W. (2018). Higher Education Policy Strategy in Acceleration of Research Results Publication, (Icse), 321–325. Retrieved from https://doi.org/10.5220/0007097503210325
DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v31i1.78600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.