PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KESELURUHAN DAN BAGIAN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP IT INSAN TAQWA LAMPUNG

Agung Wahyu Nugroho, Vocatinal Faculty, Yogyakarta State University, Indonesia
Alfauzi Makruf, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap keterampilan gerak dasar passing atas bola voli pada siswa kelas VIII Smp It Insan Taqwa Lampung. Penelitian penulis ini menggunakan metode experimen dimana untuk pengambilan data menggunakan tes atau sampel tes. Setelah melakukan tes atau pengemabilan data beberapa kali maka penulis dapat mengambil kesimpulan setiap tes atau pengambilan data yang dilakukan selama penelitian yaitu mendapatkan hasil dimana adanya pengaruh yang signifikan dari metode Pembelajaran keseluruhan terhadap keterampilan passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP IT Insan Taqwa lampung. Didapat angka 7,052 Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran bagian terhadap kemampuan keterampilan passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP IT Insan Taqwa lampung didapat angka 10,911. Metode pembelajaran bagian lebih efektif dari pada metode keseluruhan yang sebelumnya dilakukan terhadap peningkatan keterampilan passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP IT Insan Taqwa lampung dengan selisih angka 3,859.

THE INFLUENCE OF WHOLE AND PART LEARNING METHODS ON PASSING SKILLS IN VOLLEYBALL AT SMP IT INSAN TAQWA

Abstract
This research aims to determine the effect of overall and part learning methods on basic movement skills passing on volleyball for class VIII students of Smp It Insan Taqwa Lampung. This author's research uses an experimental method where data collection uses tests or test samples. After carrying out tests or collecting data several times, the author can draw conclusions from each test or data collection carried out during the research, namely getting results where there is a significant influence of the overall learning method on skills.passing on volleyball for class VIII students at SMP IT Insan Taqwa Lampung. The figure obtained was 7.052. There was a significant influence of the section learning method on skill abilitiespassing for volleyball, class VIII students at SMP IT Insan Taqwa Lampung got a score of 10,911. The part learning method is more effective than the overall method previously used in improving skillspassing on volleyball for class VIII students of SMP IT Insan Taqwa Lampung with a score difference of 3,859.


Keywords


bola voli, passing atas, siswa, SMP

Full Text:

PDF

References


Abrasyi, R., Hernawan, H., Sujiono, B., & Dupri, D. (2018). RETRACTED: Model Latihan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Sport Area, 3(2), 168–178. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2135

Ansori, S. (2020). Pengaruh Permainan Sirkuit Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Siswa Disabilitas Rungu. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 479–482.

Asri (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Bola Voli Mini Siswa Kelas VI SDN 020 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Ilmiah Edu Research. 8(1). 1-10.

Daya, W.J, & Chan, F. (2017). Penerapan Modifikasi Permainan Target untuk Pembelajaran Bola Voli. Jurnal Multilateral, 16(2), 127–135.

Fadilah, E., Irianto, A., & Rusminati, S.H. (2022). Penggunaan Media Pendidikan Monopoli Education pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5827–5833. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3319.

Faizal, Muhammad. dan Hartoto, S. (2015). Pengaruh Modifikasi Pembelajaran Underpass Permainan Bola Voli Terhadap Minat Siswa Kelas V SD Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Penjasorkes. Jurnal Pendidikan Jasmani, 3(2), 349–354.

Fiki Sa'adah, Sumaryanto, Subagyo, Komarudin. (2021). Pedagogi Pendidikan Jasmani. Majalah Ilmiah Olahraga (Majora)., 27(2). 60-70.

Iswayudi, N., & Sugeng, I. (2020). Pembelajaran Permainan Bolavoli Dengan Pendekatan Modifikasi. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan., 3(1).

Kusmiran. (2022). Penerapan Metode Bertahap untuk Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(16). DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.7117762

Lubis, A. E., & Agus, M. (2017). Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 58–64. https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21028

Nugraha, B., Dimyati, A., & Gustiawati, R. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mempraktikkan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Rumah Pada Masa Covid-19. 2(1). Journal coaching Education Sport, https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446.

Rahayu, G.D.S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36.

Rohman, U., Wardhani, A. I. D., & Cholid, A,. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Modifikasi Bola Plastik Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Bawah Permainan Bola Voli. Jurnal STAND: STAND Journal: Sport and Development. 3(1).

Saputra, D. I. M., & Gusniar, G. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Bermain Melempar Bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 3(1), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i1.862

Saputra, I. S. A., & Wahidi, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Bagian dan Keseluruhan Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas. Journal of Physical Education and Sport Science, 2(1), 7–11.

Supriatna. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Gerakan Dasar Bola voli untuk siswa SDN 16 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. 4(2). 16-24.

Syiroj, A., Sunarno, A., & Dewi, R. (2017). Perbedaan Gaya Mengajar Dan Motor Educability Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas XI MAN Rantauprapat. Jurnal Pedagogik Olahraga, 3(1), 15–31.

Purwaka, S. (2019). Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Stain Al-Fatah Jayapura untuk mempelajari Keterampilan Bercerita/mendongeng. Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2). https://doi.org/10.52166/mida.v2i2.1578.

Danang, M., Samsudin, Fachrezzy,. (2019). Model Pembelajaran Passing Atas Dalam Bola voli Mini untuk Siswa Sekolah Dasar. JPJA-Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif. 2.(2). 46-53.




DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v30i1.72263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats