MOTIVASI PESERTA DIDIK BERAKTIFITAS FISIK DI SEKOLAH

Fitri Ayuningrum, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Sita Utami, (Scopus ID: 57754644800), Department of Physical Education, Faculty of Sport Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Danang Pujo Broto, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Rohmah Muktiani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi peserta didik melakukan aktivitas fisik di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Caturtunggal 7 dengan 15 subjek dari populasi peserta didik 17 orang. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan pertimbangan dan pengamatan aktivitas fisik selama 2 minggu berturut-turut di sekolah. Kriteria yang ditentukan yaitu peserta didik yang berturut-turut melakukan aktivitas fisik. Peserta didik melakukan aktivitas fisik karena adanya dorongan internal dan dorongan eksternal, selain motivasi internal yang berasal dari diri peserta didik dan eksternal berasal dari luar seperti teman sekolah, orang tua, dan guru. Goals menjadi salah satu bagian motivasi untuk melakukan aktivitas fisik, dimana peserta didik memiliki cita-cita menjadi atlet, dan guru PJOK. Aktivitas fisik yang dilakukan peserta didik tergolong pada aktivitas berat yaitu sepak bola, karena sepak bola menjadi aktivitas favorit peserta didik, kemudian aktivitas sedang yang dilakukan peserta didik berupa petak umpet, permainan tradisional, catur, bersepeda, lari-lari.

 

 LEARNER’S MOTIVATION FOR PHYSICAL ACTIVITY AT SCHOOL

 

Abstracts

The purpose of this study was to determine the motivation of students to do physical activity at school. The research method used was descriptive qualitative research. This research was conducted at SD N Caturtunggal 7 with 15 subjects from a population of 17 students. The selection of research subjects was based on consideration and observation of physical activity for two consecutive weeks at school. The criteria determined were learners who consecutively performed physical activity. Learners do physical activity because of internal and external motivation, in addition to internal reason that comes from themselves, and exterior inspiration comes from outside, such as school friends, parents, and teachers. Goals are part of the motivation for physical activity, where students aspire to become athletes and PJOK teachers. Physical activities carried out by students are classified as heavy activities, namely soccer, because soccer is the favourite activity of students. Moderate activities are carried out by students in the form of hide and seek, traditional games, chess, cycling, and running.


Keywords


motivasi; aktivitas fisik; motivation; physical activity

Full Text:

PDF

References


Damai, C. P. B., Dita, Y. (2022). Tingkat Motivasi Berolahraga Dan Aktivitas Fisik Pada Remaja Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(4).

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Pt Bumi Aksara.

Djohan, G. A., & Dewi, S. M. (2020). Hubungan Antara Tingkat Intensitas Latihan Fisik Dengan Prevalensi Rhinitis Pada Mahasiswa Universitas Tarumanagara Berusia 18-24 Tahun. Tarumanagara Medical Journal, 3(1), 78–84.

Dr. Kamal Firdaus, M. K. A. (2012). Psikologi Olahraga Teori Dan Aplikasi.

Effendi, H. (2016). Peranan Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 25-26.

Hidayat, A., Riyan, P., Bayu, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Atletik Dengan Menggunakan Metode Sirkuit Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol 16 (1).

Ichsan, S. (2021). Tingkat Aktivitas Jasmani Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Klaten saat Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.

Irham, M & Wiyani, N. A. (2013) Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kenney, W. L., Wilmore, J. H., & Costil, D. L. (2015). Physiology of Sport and Exercise. Sixth Edition. In Human Kinetics.

Mashartanto, A.A., Chanra, P., Fitri, M. (2022). Pengaruh Motivasi Instrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Teknologi Informatika Taruna/i Angkatan V Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Jurnal Saintek Maritim, 22(2).

Maslow, A. H. (2018). Motivation and Personality. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Maufur. 2018. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Palguna, I. G. A. D., Adiatmika, I. P. G., & Dinata, M. K. (2020). Hubungan Motivasi Melakukan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Aktivitas Fisik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana, 9(8), 9–13. Doi: 10.24843.MU.2020.V9.i8.P03.

Pohan, N. (2019). Peran Guru Pembimbing Dalam Perkembangan Belajar (Kajian Pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik). An-Nahdhah, 1(2).

Putra, K. P., Angkit, K., Peter, K. (2018). Gambaran Aktivitas Fisik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Salatiga. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani.

Rismayanthi, C. (2018). Olahraga Kesehatan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9)

Tony Delisle, M.S. Chudley E. (Chad) Werch, Ph.D. Alvin H. Wong, M.S. Alvin H. Wong, M.S. Robert Weiler, P. D. (2013). Relationship Between Frequency and Intensity of Physical Activity and Health Behaviors of Adolescents. J Sch Health. 80(3), 1–11. Https://Doi.Org/10.1111/J.17461561.2009 .00477.X.Relationship

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. (2012). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusindo Mandiri.

Uno, H. (2013). Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v29i2.68220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats