AKTIVITAS FISIK PESERTA DIDIK KELAS X PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 3 SALATIGA JAWA TENGAH

Tri Ani Hastuti, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
A Erlina Listyarini, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Agung Nugroho AM, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Rohmah Muktiani, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pradipta Suryatama, Sekolah Menengah Karang Turi Semarang, Indonesia

Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh. Hal ini mengakibatkan siswa fokus dengan komputer. Dengan begitu, aktivitas fisik yang dilakukan juga terbatas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas fisik peserta didik kelas X pada masa pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 3 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Salatiga yang berjumlah 408 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X SMA N 3 Salatiga yang berjumlah 202 orang. Instrumen untuk mengukur aktivitas fisik menggunakan Physical Activity Level (PAL). Analisis data menggunakan deskriptif statistik yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian aktivitas fisik peserta didik kelas X pada masa pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 3 Salatiga adalah aktivitas ringan sebesar 68,81% atau 139 orang, kategori sedang ada 25,7% atau 52 orang dan kategori berat ada 5,44% atau 11 orang.


PHYSICAL ACTIVITIES OF THE TENTH GRADE STUDENTS DURING THE DISTANT LEARNING AT SMA NEGERI 3 SALATIGA, CENTRAL JAVA

 

Abstract

The Covid-19 pandemic has resulted in learning to take place remotely. It affects the students to focus on their gadgets. In this case, the physical activity done is also limited. This research aims to determine the level of physical activity of the tenth grade students during the distant learning at SMA Negeri 3 Salatiga (Salatiga 3 High School). This research was a descriptive quantitative study. The research population was the tenth grade students at SMA Negeri 3 Salatiga, amounting to 408 students. The research utilized the simple random sampling technique. While the research sample was the tenth grade students of SMA N 3 Salatiga, for about 202 students. Instruments to measure physical activity were based on Physical Activity Level (PAL). Data analysis used the descriptive statistics as elaborated in the form of percentages. The results of the research on the physical activity of the tenth grade students during the distant learning at SMA Negeri 3 Salatiga are as follows: in the light category at 68.81% or for about 139 students, in the moderate category at 25.7% or for about 52 students, and in the heavy category at 5.44% or for about 11 students.

Keywords


aktivitas fisik, pembelajaran jarak jauh, physical activity level, distant learning

Full Text:

PDF

References


Anggunadi, A., & Sutarina, N. (2017). Manfaat Accelerometer untuk Pengukuran Aktivitas Fisik. Jurnal Olahraga Prestasi Volume 13, Nomor 1, Januari 2017

Ayers, S., Sariscsany, M.J. (2010). Physical Education for Lifelong Fitness. United States: Human Kinetics

Burhan, E., Susanto, A.D., Nasution, S.A., et al. (2020). Pedoman Tata Laksana Covid-19. Jakarta. PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, & IDAI

Bryantara, O.F. (2016). Faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani (vo2 maks) atlet sepakbola. Jurnal Berkala Epidemiologi Volume 4, Nomor 2, 237– 249.

FAO. (2001). Human energy requirements. Rome

Hendsun., Firmansyah, Y., Putra, A.E., et al. (2021). Gambaran Aktivitas Fisik Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dan Masa Pandemik Covid19. Jurnal Medika Hutama Vol 02 No 02.

Muktiani, N.R. (2008). Aplikasi Teknologi Pembelajaran Dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Mata Kuliah Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 5 Nomor 1, April 2008.

Karman. (2012). Media dan Konstruksi Realitas. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Volume 16 No 1

Permata, T.B.M., Octavianus, S., Khumaesa, N.E., et al. (2019). Pedoman Strategi & Langkah Aksi Peningkatan Aktivitas Fisik. Jakarta: Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Periode 2014-2019

Purwanti, A.S. (2019). Hubungan antara aktivitas fisik dengan dysmenorrhea primer pada atlet dan non atlet renang remaja putri usia 12 - 16 tahun di Club Orca Gajahyana Kota Malang. Jurnal SIKLUS, Volume 08 Nomor 02.

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarwo. (2013). Pendidikan Di Indonesia Memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY

Welis, W., & Sazeli, M. (2013). Gizi untuk Aktivitas Fisik dan Kebugaran. Padang: Sukabina Pers.

Yerusalem, M.R., Rochim, A.F., Martono, K.T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015




DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v29i1.64504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats