PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH BERPENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Supriyadi Supriyadi, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran
keterampilan menulis karya ilmiah dengan pendekatan konstruktivisme. Penelitian
menggunakan model recursive reflective design and development (R2D2) dan researchdevelopment
research (RDR). Model pembelajaran yang dikembangkan mencakup komponen:
pengantar, konsep, keunggulan, tujuan, karakteristik, dan tahapan pembelajaran
keterampilan menulis karya ilmiah dengan pendekatan konstruktivisme. Hasil uji ahli,
uji pengguna/praktisi, dan uji lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang
dikembangkan terbukti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa menulis karya
ilmiah, baik pada proses maupun hasil. Indikator keberhasilan proses tampak pada
keaktifan dan ketekunan mahasiswa dalam melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan
menulis karya ilmiah dengan pendekatan konstruktivisme. Indikator keberhasilan hasil
tampak pada peningkatan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa, baik pada aspek isi/
substansi maupun aspek mekanik (ejaan dan tata tulis).
Kata kunci: model pembelajaran, menulis karya ilmiah, pendekatan konstruktivisme

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                               

 

__________________________________________________________________________________________________

 

Litera Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter