PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK APRESIATIF DAN KREATIF TAYANGAN FILM MELALUI TEKNIK PENCATATAN 5R (RECORD, REDUCE, RECITE, REFLECT, AND REVIEW)

Nurhidayah Nurhidayah, FBS UNY

Abstract


Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak
apresiatif dan kreatif tayangan film melalui teknik pencatatan 5R. Subjek penelitian
adalah mahasiswa peserta mata kuliah Menyimak Apresiatif dan Kreatif di Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY Angkatan 2006/2007. Pengumpulan
data dengan teknik observasi partisipan, wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data
dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan teknik pencatatan 5R terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyimak
apresiatif dan kreatif tayangan film, baik dalam hal proses maupun hasil. Indikator
keberhasilan proses tampak pada keaktifan dan ketekunan mahasiswa dalam kegiatan
pembelajaran menyimak apresiatif dan kreatif tayangan film dengan teknik pencatatan
5R. Indikator keberhasilan hasil adalah meningkatnya keterampilan pemahaman,
penghargaan, dan penikmatan tayangan film yang tercermin pada peningkatan kualitas
hasil laporan, pencapaian skor evaluasi, dan apresiasi.
Kata kunci: keterampilan menyimak film, menyimak apresiatif dan kreatif, apresiasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v14i2.7208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




______________________

 

                               

 

__________________________________________________________________________________________________

 

Litera Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

 

RJI Main logo

 

      

The International Journal of Linguistic, Literature, and Its Teaching at http://http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 __________________________________________________________________________________________________ 

 

Flag Counter