Relevansi nilai moral religiusitas Serat Yusuf terhadap era disruptif

Fita Dwi Anjarwati, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Respati Retno Utami, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai moral religiusitas serta relevansi nilai moral religiusitas terhadap era disruptif. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu metode analisis-deskriptif dan metode wawancara. Metode analisis-deskriptif digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan data yang mengandung nilai moral religiusitas berupa kata-kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam Serat Yusuf. Metode wawancara digunakan untuk menggali lebih dalam pengetahuan nilai moral religiusitas dalam Serat Yusuf. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif. Pendekatan objektif memberikan perhatian pada karya sastra sebagai sebuah pendekatan yang menitikberatkan pada karya sastra atau teks. Sumber data dari penelitian ini adalah Serat Yusuf yang terdiri atas 12 pupuh dengan 4 jenis pupuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik inventarisasi naskah, deskripsi naskah, dan transliterasi. Dari hasil penelitian diketahui terdapat tiga nilai moral religiusitas: (1) keimanan terhadap Tuhan, (2) ketaatan terhadap Tuhan dan (3) kepasrahan terhadap Tuhan. Selain itu, hasil penelitian ini menghasilkan relevansi nilai moral religiusitas dalam Serat Yusuf terhadap era disruptif.

Kata Kunci: nilai moral, religi, era disruptif


Keywords


nilai moral; religi; era disruptif

Full Text:

PDF

References


A. B. S Al-Fauzan. (2012). Indahnya Bersyukur Bagaimana Meraihnya. Bandung: Marja.

Abuddin Nata. (2014). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Albert, Wijaya. (2017) Kejujuran Dalam Pendidikan. Jurnal Innovatio, Vol. IX, No.1.

Basuki, Anhari, Mudjahirin Thohir, Muhammad Abdullah, Muzakka, Trias Yusuf, dan Rukiyah. (2004). Pengantar Filologi. Semarang: Fasindo Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Diponegoro.

Cholil, Adam. (2014). Dahsatnya Al-Quran. Jakarta: AMP Press.

Clarke, D., Murphy, C., & Lorenzoni, I. (2018). Place attachment, disruption, and transformative adaptation. Journal of Environmental Psychology, 55, 81-89. Doi: https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2017.12.006.

Crapps W. Robert. (2014). Perkembangan Kepribadian dan Keagamaan (terj. An introduction to Psychology of Religion. Macon, Georgia: Mercer University Press, 1986), Yogyakarta: Kanisius.

Crystall, David. (2015). The Cambridge Encyclopedia. Cambridge: Cambridge University Press.

Endraswara, S. (2018). Falsafah Hidup Jawa. Yogyakarta: Cakrawala.

Ghazali, (al). Minhajul Abidin, terj. oleh Abul Hiyadh. Surabaya: Mutiara Ilmu, 1995; dan edisi terj. oleh M. Rofiq. Yogyakarta: Diva Press, 2007; serta edisi terj. Oleh R. Abdullah bin Nuh. Jakarta: Mizan, 2014.

Harsena, D. S., & Holil, M. (2018). Sikap Ngelmu pada Teks Wedharan Wewadining Bawana Paper presented at the INUSHARTS (International Young Scholars Symposium on Humanities and Arts) Depok.

Hidayat, Otib Satibi. (2015). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama.. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Izzan, Ahmad, and Saehudin. (2012). Tafsir Pendidikan (Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan). Tangerang Selatan: Pustaka Aufa Media.

Jalaluddin, (2016). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

K. Bertens. (2011). Etika Cetakan Kesebelas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

KBBI, (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: https://kbbi.web.id/ [Diakses 20 April 2021].

Keshavarzi, H., & Haque, A. (2013). Outlining a Psychotherapy Model for Enhancing Muslim Mental Health Within an Islamic Context. The International Journal for the Psychology of Religion.

Khalidi, M. W. A., & Syam, H. M. (2017). Representasi Nilai-Nilai Moral dalam Lirik Lagu Doda Idi (Studi Semiotik terhadap Lirik Lagu Doda Idi dalam Album Nyawoung). Jurnal ilmiah mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(4), 417-428. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/5522/2631.

Kosim, Nur, dan Wahab, Wahya. (2018). Konsepsi Makna Hari Kiamat Dalam Tafsir Al-Quran. Jawa Barat: Universitas Padjadjaran.

Kristiawan, M. (2015). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Jurnal Ta'did. Volume 18, Hal. 13-25.

Kuntowijoyo. (2017). “Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi”. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kurnia, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Nilai-Nilai Agama dan Moral di TK. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.

Lindsay, Jones. 2015. Encyclopedia of Religion, ed.2nd (USA: Macmillan Reference).

Mufid Muhammad. (2016). Inilah Jalan Yang Lurus. Jakarta: PT Gramedia.

Mulyani, Hesti. (2009a). Teori Pengkajian Filologi. Diktat Mata Kuliah Filologi Jawa pada Semester IV. Tidak Diterbitkan. Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Muthari, Abdul Hadi Wiji. 2015. “Sastra Profetik, Nilai-Nilai dan Relevansinya” Prosiding Seminar Internasional Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya Pengembangan Nilai-Nilai Profetik dalam Kehidupan Berbangsa melalui Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMM, Malang 17-18 November 2015.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ohoitimur, J. (2018). Disrupsi: Tantangan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang Bagi Lembaga Pendidikan Tinggi Resepons, 23(2), 143-166. Retrieved from http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/response/article/view/553/216.

Pora, S. (2014). Tinjauan Filosofis Kearifan Lokal Sastra Lisan Ternate. Jurnal Uniera, 3(1), 112-121. Retrieved from https://journal.uniera.ac.id/jview/69.

Putri, K. D., & Dewantara, A. (2018). Mulai Punahnya Nilai Kejujuran Dikaji Dengan Buku Diskursus Pancasila Dewasa Ini. https://doi.org/10.31227/osf.io/6m38z.

Ramayulis. (2016). Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Roli Abdul Rohman, (2009). Menjaga Akidah dan Akhlak. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sari, Liza Mega Fitrya. (2013). Tingkat Religiusitas Dengan Kecemasan Menghadapi Menopause. Jurnal Online Psikologi Vol. 01 No. 02. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Satrio Pinandito, (2011). Husnuzan dan Sabar Kunci Sukses Meraih Kebahagiaan Hidup Kiat-Kiat Praktis Berfikir Positif Menyiasati Persoalan Hidup. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Sudardi, B. (2001). Naskah, Teks, dan Metode Penelitian Filologi. Surakarta: Penerbit Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.

Sudarman, Harry dan Denny Andreas. (2015). Doktrin Inkarnasi Kristus. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoyyibah, N. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Keimanan dan Ketaqwaan (Studi Analisis Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia). (Sarjana Skripsi), Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/id/epri nt/6023.

Ulfah, Siti. (2011). Naskah Primbon: Suntingan Teks Disertasi Analisis Diksi Dialek Madura. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga.

Wahbah Az-Zuhaili. (2014). Ensiklopedia Akhlak Muslim: Berakhlak dalam Bermasyarakat. (Jakarta: Mizan Publika).

White, J. (2012). Kejujuran Moral Dan Hati Nurani. Jakarta: BPK Gunung Mulia.




DOI: https://doi.org/10.21831/kejawen.v1i2.40378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kejawen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: