MUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU PRODUKTIF SMK BIDANG OTOMOTIF SESUAI KURIKULUM MERDEKA: SUATU ANALISIS KONTEN

Tafakur Tafakur, (Scopus ID: 57209472181)Depertemen Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sudarwanto Sudarwanto, Departemen Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Joko Sriyanto, Departemen Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sabbihis Sayyidi, Departemen Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Buku teks mata pelajaran merupakan sarana utama bagi proses belajar siswa. Buku teks tidak hanya dapat digunakan untuk pengembangan pengetahuan, namun dapat diklaim sebagai sarana penguatan pendidikan karakter siswa. Namun, belum ada kajian yang cukup untuk memastikan muatan karakter dalam buku teks pelajaran produktif di bidang otomotif di SMK. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan pendidikan karakter pada buku teks produktif SMK bidang otomotif. Penelitian ini menggunakan desain analisis konten dengan obyek buku teks bahan ajar produktif untuk bidang keahlian teknik otomotif sesuai kurikulum merdeka di Indonesia. Prosedur analisis konten ini terdiri dari tahap pengadaan data, reduksi data, tahap inferensi, dan tahap analisis. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui analisis tematik dengan langkah familierisasi data, mengkode data awal, menentukan tema, menelaah tema, mendefinisikan dan memberi nama tema, serta membuat laporan. Hasil kajian menunjukkan bahwa muatan karakter pada buku teks mata pelajaran produktif SMK Otomotif adalah Religius yang terdiri dari mencintai lingkungan, percaya diri, cinta damai, dan toleransi; nilai karakter integritas yang terdiri dari aktif terlibat di masyarakat, dapat dipercaya, komitmen, dan tanggung jawab; nilai karakter mandiri yang terdiri dari keberanian, berdaya juang, etos kerja, kreatif, menjadi pembelajaran sepanjang hayat, professional, dan tangguh; nilai karakter nasionalisme yang terdiri dari berprestasi, disiplin, menghormati keragaman, menjaga kekayaan negara, dan menjaga lingkungan; nilai gotong royong yang terdiri dari bekerja sama, kerelaan, komitmen terhadap keputusan bersama dan tolong menolong. Dengan demikian, buku teks pelajaran produktif di SMK Otomotif dapat dimanfaatkan untuk mendukung penguatan pendidikan karakter untuk siswa

Keywords


Analisis Konten; Buku Teks; Otomotif; Pendidikan Karakter; Pendidikan Vokasi

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Faiz, A., & Rahayu, F. S. (2021). PERAN ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA SD (Studi Kasus di Kelurahan Argasunya yang Memiliki Angka Siswa Putus Sekolah yang …. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar.

Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3).

Alfiras, M., & Bojiah, J. (2020). Printed Textbooks Versus Electronic Textbooks: A Study on the Preference of Students of Gulf University in Kingdom of Bahrain. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(18). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i18.15217

Amini, R. (2020). Textbook development on character-based active learning strategy using tournament type for elementary School student. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042036

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2). https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5). https://doi.org/10.18844/CJES.V15I5.5155

Hikmah, R. A., & Hakim, R. (2019). PENGEMBANGAN MODUL SENI BUDAYA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS X DI SMK. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(2). https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.15743

Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Edukasi Nonformal, 1(2).

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2018). The influence of living values education-based civic education textbook on student’s character formation. International Journal of Instruction, 11(1). https://doi.org/10.12973/iji.2018.11127a

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Moate, J. (2021). Seeking understanding of the textbook-based character of Finnish education. Journal of Education for Teaching, 47(3). https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1896341

Patria, A. S., & Mutmainah, S. (2018). Using Textbook Illustration as Media for Developing Character among Primary Students: Some Research-based Suggestion. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1). https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.6509

Permana, D. R., Inderawati, R., & Vianty, M. (2020). Teachers and Students’ Perception toward Character Education in English Textbooks. Linguists : Journal Of Linguistics and Language Teaching, 6(2). https://doi.org/10.29300/ling.v6i2.3823

Regulation of the President of the Republic of Indonesia Number 87, Pub. L. No. 87 (2017).

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Sulistiyo, U., Supiani, Kailani, A., & Lestariyana, R. P. D. (2020). Infusing moral content into primary school english textbooks: A critical discourse analysis. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(1). https://doi.org/10.17509/IJAL.V10I1.25067

Tri, M., Roemintoyo, R., & Yamtinah, S. (2018). Textbooks Thematic Based Character Education on Thematic Learning Primary School: An Influence. International Journal of Educational Methodology, 4(2). https://doi.org/10.12973/ijem.4.2.75

Ulfah, A., & Purwanti, S. (2020). The effectiveness of thematic textbook based on local wisdom on cooperation character of first grade students of primary school. Universal Journal of Educational Research, 8(7). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080728

van den Ham, A. K., & Heinze, A. (2018). Does the textbook matter? Longitudinal effects of textbook choice on primary school students’ achievement in mathematics. Studies in Educational Evaluation, 59. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.07.005

Zuchdi, D. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 29(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i1.79435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats