Implementasi Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Kelistrikan Siswa SMK
M Ihwanudin, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Eddy Rudiyanto, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Syarif Suhartadi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi jembatan untuk menciptakan lulusan yang memiliki keahlian bidang tertentu yang sesuai dengan dunia usaha dan industri (DU/DI). Dalam hal ini, SMK harus mempersiapkan pembelajaran yang efektif dalam semua mata pelajaran Teknik Kendaraan Ringan (TKR) termasuk pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan yang menjadi inti dari pelajaran di Jurusan Teknik Kendaraan ringan. Namun demikian, pendekatan pembelajaran yang dipakai masih konvensional sehingga nilai siswa perlu ditingkatkan dan motivasi siswa juga perlu ditingkatkan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMK Kediri dalam mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Pada penelitian ini menerapakan metode Penelitian Tidakan Kelas (PTK) menggunakan instrument pre-tes, post-tes, catatan lapang, dan pedoman wawancara. Setelah empat pertemuan pertemuan dalam dua siklus. Hasil dalam penilitian dikatakan meningkat karena pada sisklus satu ketuntasan 75% untuk pengetahuan dan 56% untuk keterampilan menjadi naik 100%. Meningkatnya presentase dari setiap siklus dilihat dari dari rata rata siklus satu 73 untuk pengetahuan dan 73 untuk keterampilan untuk siklus dua rata rata pengetahuan dan keterampilan mendapatkan 83 sehingga melebihi batas minimal kriteria 75. Motivasi siswa juga meningkat dan persepsi siswa juga positif terhadap penerapan CTL. Hal ini dapat dipahami bahwa CTL mampu meningkatkan nilai pengetahuan, keterampilan, dan motivasis siswa dalam belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hariyadi, T., W. Krisnadi, I. (2018). Tantangan perubahan pendidikan vokasi bidang kelistrikan Indonesia berbasis ICT untuk mempersiapkan SDM terampil menghadapi era industri 4.0. Manajemen Strategis ICT, Universitas Mercu Buana.
Hudson, C.C., & Whisler, V . R (2007). Contextual teaching and laerning for practitioners. IMSCI 2007 – International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings,2(4), 228-23
Ima, W., Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2023). Model to increase motivation and learning outcomes in learning history. Journal of Education and Learning, 17(2), 206–214. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20703
Irwanto. (2021). Link and match pendidikan kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri di Indonesia. Jurnal Inovasi dan Penelitian, 2(2), 594-562.
Irwanto. (2023). Pemeliharaan kelistrikan dan engine management system di BBPPMPV BOE. https://bbppmpvboe.kemdikbud.go.id/bbppmpvboe/berita/detail/pemeliharaan-kelistrikan-dan-engine-management-system-di-bbppmpv
Lago, J. M. L., & Cruz, R. A. O. Dela. (2021). Linking to the real world: Contextual teaching and learning of statistical hypothesis testing. Lumat, 9(1), 597–621. https://doi.org/10.31129/LUMAT.9.1.1571
Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of Learning Method Contextual Teaching Learning (CTL) for Increasing Learning Outcomes of Entrepreneurship Education. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(3), 37–46.
Makmuri, A, A., Suyitno (2021). meingkatkan pretasi belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dengan alat peraga di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nahdatul Ulama Lasem Kabupaten Rembang. Autotech:Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(02), 125-133.
Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Dan Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 31 Jakarta. Jurnal Guru Kita PGSD, 4(3), 1. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19454
Mudjiono, D. dan (1999). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuryana, A., Hermawan, A., Hamabali, A. (2021). Perbedaan pendekatan konstektual dengan pendekatan tradisional dan penerapannya dikelas (Analisis pendekatan pembelajaran PAI). Jurnal Inovasi Penddikan Agama Islam, 1(1), 38-49
Priyadi, H. G., Yumiati. (2021). The effect of contextual teaching and learning (ctl) model with outdoor approach towards the students' ability of mathematical representation. Education Querly Reviews, 4(3), 441-450
Sudaryono, M. A. (2018). Analisis Faktor Penyebab Ketidaktercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal dalam Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas XII IIS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24332
Sugeng Pramudibyo, Esta Larosa, & Hasanuddin. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif. Steam Engineering, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.37304/jptm.v4i1.5295
Utomo, M. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mapel Produktif Teknik Kendaraan Ringan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 319–326. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.56
Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.72515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.