Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Rem Cakram dan Tromol Sepeda Motor Terhadap Minat Belajar Siswa SMK
Suyitno Suyitno, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Dwi Jatmoko, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk adalah 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran alat peraga guna meningkatkan minat siswa pada sistem rem model disc break dan drum brake di SMK PN 2 Purworejo. 2) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran alat peraga bagi siswa pada mata pelajaran sistem rem 3) Untuk mengetahui media pembelajaran alat peraga bisa meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran sistem rem. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) prosedur pengembangan media pembelajaran sistem rem cakram dan tromol meliputi, Analysis, Design, development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian ini Pada minat belajar siswa menunjukan bahwa minat belajar siswa yang tidak menggunakan media rem cakram dan tromol dan yang menggunakan media rem cakram dan tromol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol 68,69% dan nilai rata-rata kelas eksperimen71,88%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. H., Sulong, M. A., & Abdul, M. (2020). Development and Validation of the Music Education Teaching Practice E-Supervision System Using the Google Classroom Application. International Journal of Innovation, 11(10), 15.
Agustina, P., Al Muhdhar, M. H. I., & Amin, M. (2017). INTEGRATION OF LIFE SKILLS IN ENVIRONMENT MATERIAL MODULE TO ELEVATE LEARNING ACHIEVEMENT. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.9581
Andersson, I., Wärvik, G.-B., & Thång, P.-O. (2015). Formation of Apprenticeships in the Swedish Education System: Different Stakeholder Perspectives. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 2(1), 1–24. https://doi.org/10.13152/IJRVET.2.1.1
Ayu, H. D., Pratiwi, H. Y., Kusairi, S., & Muhardjito, M. (2017). DEVELOPING E-SCAFFOLDING TO IMPROVE THE QUALITY OF PROCESS AND LEARNING OUTCOMES. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.14863
Bravenboer, D., & Workman, B. (2016). Developing a transdisciplinary work-based learning curriculum: A model for recognising learning from work. Open Learning and Formal Credentialing …, Query date: 2023-09-13 08:47:54. https://www.igi-global.com/chapter/developing-a-transdisciplinary-work-based-learning-curriculum/135644
Fatah, A., & Sudiyanto, S. (2018). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK BIDANG OTOMOTIF DI SLEMAN DAN YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 54–65. https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21783
Hidayat, N., Hadi, S., Basith, Abd., & Suwandi, S. (2018). Developing E-Learning Media with the Contiguity Principle for the Subject of Autocad. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 72–82. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.17796
Maulana, E. A., & Suyitno, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR PADA MOBIL KIJANG 3K TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 GOMBONG. 6.
Ramirez, I. A. L. (2019). Teaching Senior High School: Through the Eyes of Student Intern. International Journal of Multidisciplinary Approach and Studies, 06(3), 42–52.
Seto, B. C. B., & Suyitno, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN PADA MOBIL TRAINER KIJANG 3K TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. 5.
Sutrisno, Y., & Suyitno, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XI TKR B SMK NEGERI 4 PURWOREJO. 5.
Suyitno, S. (2017). Work Based Learning Terintegrasi, Konsep Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Kejuruan. K-Media.
Suyitno, S. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D (1st ed., Vol. 1). Alfabeta.
Suyitno, S. (2020a). Media berbasis sparkol: Aplikasi pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di sekolah kejuruan. TAMAN VOKASI, 8(1), 22. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7218
Suyitno, S. (2020b). Pendidikan Vokasi dan Kejuruan Strategi dan Revitalisasi Abad 21 (1st ed., 1–1). K-Media.
Suyitno, S., Jatmoko, D., Susanto, A., Primartadi, A., & Mahfud, T. (2019). Trainer Stand Instructional Media of Wiring System for Kijang Car to Improve Student Achievement in Vocational Higher Education. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(11-SPECIAL ISSUE), 991–997. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V11SP11/20193126
Suyitno, S., Kamin, Y. B., Lukman, N. A., Widiyatmoko, W., Jatmoko, D., & Primartadi, A. (2021). DEVELOPMENT OF MEDIA LEARNING STAND STATER SYSTEM ON MOTORCYCLES TO IMPROVE VOCATIONAL STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.44847
Suyitno, S., Kamin, Y., Jatmoko, D., Nurtanto, M., & Sunjayanto, E. (2022). Industrial Apprenticeship Model Based on Work-Based Learning for Pre-service Teachers in Automotive Engineering. Frontiers in Education, 7, 865064. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.865064
Suyitno, S., Sudarsono, B., & Jatmoko, D. (2019). Analysis of Industrial Practice Problems in Automotive Students. TAMAN VOKASI, 7(2), 116. https://doi.org/10.30738/jtv.v7i2.6299
University of California, Strielkowski, W., Prague Institute for Qualification Enhancement, Kiseleva, L. S., The Herzen State Pedagogical University of Russia, Popova, E. N., & National Research Mordovia State University. (2018). Factors Determining the Quality of University Education: Students’ Views. Integration of Education, 22(2), 220–236. https://doi.org/10.15507/1991-9468.091.022.201802.220-236
Yahya, M. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KERJA TERHADAP WAWASAN WIRAUSAHA. 46, 12.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.72387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.