KESIAPAN SMK NEGERI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
KESIAPAN SMK NEGERI DALAM IMPLEMENTASI
KURIKULUM MERDEKA
Amir Fatah, Kir Haryana, Yoga Guntur S,
Muhammad Agung Wicaksono, Bahrul Ulum, M. Khoirunnashikin,
Yohanes Kusyudi Setiawan, Musthafa Bintang Harapan,
Dimas Bayu Permadi
Yogyakarta State University
Yogyakarta, Indonesia
https://orcid.org/0000-0002-8995-8981
Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan karena adanya kebijakan secara nasional yaitu pemberian tiga opsi kurikulum yang dapat diterapkan satuan pendidikan dalam pembelajaran, yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka yang sebelumnya dikenal dengan sebutan kurikulum prototipe. Survey dilakukan untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengembangkan dan menerapkan kurikulum dari aspek pengetahuan terhadap hal hal baru pada kurikulum merdeka, pengetahuan dalam mengembangkan kurikulum dan pengetahuan dalam implementasi kurikulum. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang diperkuat dengan wawancara dan analisis data menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah guru SMK se-Kabupaten Gunungkidul, sementara sampel penelitian difokuskan pada empat SMKN yang dipilih dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Responden penelitian berjumlah 44 guru yang tersebar di empat SMKN non pusat keunggulan. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka dari aspek pengetahuan terhadap hal hal baru pada kurikulum merdeka telah mencapai kategori tinggi, demikian halnya pengetahuan dalam mengembangkan kurikulum dan pengetahuan dalam implementasi kurikulum. Tingginya capaian tersebut sebagai hasil rencana implementasi kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh Kemendikbudristek, sikap guru terhadap rencana implementasi, dukungan kepala sekolah, dukungan teman sejawat, ketersediaan pedoman dan peraturan implementasi, dan adanya motivasi guru. Penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan modul ajar perlu ditingkatkan.
Kata Kunci : Kesiapan, Implementasi, Kurikulum, Merdeka
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Fatah, A., & Sudiyanto. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis It Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Smk Bidang Otomotif Di Sleman Dan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 54-65.
Kemendikbudristek. (2022, 03 21). Kurikulum Merdeka. Diambil kembali dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/ kurikulum-merdeka/
Maknun, J. (2022). The Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Competence Of Vocational High School Teacher. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 63-75.
Martubi, & Fatah, A. (2010). Peningkatan Prestasi Belajar Cad Mahasiswa Teknik Otomotif Non-Reguler Ft Uny Melalui Pembuatan “Pohon Kata” Perintah Dalam Program Autocad. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 106-121.
Munirah. (2020). Menjadi Guru Beretika dan Profesional. Solok: CV Insan Cendekia Mandiri.
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundation, Principles, and Issues, Global Edition. London: Pearson Education.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6313-6319.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i1.55862
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.