EVALUASI PERAN GURU PRODUKTIF OTOMOTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MELALUI GOOGLE CLASSROOM

Suyitno Suyitno, (Scopus ID: 57214105545) Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui google classroom di SMK Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Subyek penelitian tindakan adalah guru otomotif di SMK Negeri 1 Ambal yang berjumlah 11. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi kuisioner evaluasi peran guru dalam proses pembelajaran jarak jauh melalui google classroom. Analisis data dengan analisis kuantitatif untuk mencari presentase hasil pembelajaran melalui google classroom. Hasil penelitian ini adalah, bahwa peran guru dalam proses pembelajaran jarak jauh melalui google classroom efektif digunakan pada masa pandemi. Hal ini terlihat dari 11 guru produktif otomotif di SMK Negeri 1 Ambal mempunyai administrasi pembelajaran yang lengkap dan dibuat sebelum melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui google classroom. Hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam perencanaan Pembelajaran  Jarak Jauh (PJJ) melalu google classroom di SMK Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2021/2022 memiliki rata-rata nilai evaluasi pelaksanaan pembelajaran 86 dengan kategori baik. Hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam pelaksanaan Pembelajaran  Jarak Jauh (PJJ) melalui google classroom di SMK Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2021/2022 memiliki rata-rata nilai evaluasi pelaksanaan pembelajaran 83 dengan kategori baik. Hasil evaluasi peran guru produktif otomotif dalam penilaian Pembelajaran  Jarak Jauh (PJJ) melalu google classroom di SMK NEGRI 1 Ambal tahun pelajaran 2021/2022 memiliki rata-rata nilai evaluasi pelaksanaan pembelajaran 75 dengan kategori cukup.


Keywords


Evaluasi; Pembelajaran; Jarak jauh; Google classroom

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. H., Sulong, M. A., & Abdul, M. (2020). Development and Validation of the Music Education Teaching Practice E-Supervision System Using the Google Classroom Application. International Journal of Innovation, 11(10), 15.

Ariyanti, K. D., Mon, A. A., Ekohariadi, E., & Anifah, L. (2018). Effect of Problem-Based Learning Model and Motivation toward Learning Outcomes on Network Routing. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(2), 270–277. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i2.20005

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Bhakti, Y. B. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Guru. Abdimas Dewantara, 2(2), 107. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.2872

Bley, S. (2017). Developing and validating a technology-based diagnostic assessment using the evidence-centered game design approach: An example of intrapreneurship competence. Empirical Research in Vocational Education and Training, 9(1), 6. https://doi.org/10.1186/s40461-017-0049-0

Iriani, D. S., & Soeharto, S. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(3), 274. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6835

Monnier, M., Tschöpe, T., Srbeny, C., & Dietzen, A. (2016). Occupation-specific social competences in vocational education and training (VET): The example of a technology-based assessment. Empirical Research in Vocational Education and Training, 8(1), 10. https://doi.org/10.1186/s40461-016-0036-x

Putranta, H., & Jumadi, J. (2019a). Physics Teacher Efforts of Islamic High School in Yogyakarta to Minimize Students’ Anxiety When Facing the Assessment of Physics Learning Outcomes. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 119–136. https://doi.org/10.17478/jegys.552091

Putranta, H., & Jumadi, J. (2019b). Physics Teacher Efforts of Islamic High School in Yogyakarta to Minimize Students’ Anxiety When Facing the Assessment of Physics Learning Outcomes. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 119–136. https://doi.org/10.17478/jegys.552091

Ratnawati, D., Purnomo, S., & Handoyono, N. A. (2020). MEMBANGUN KOLEGALITAS GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI LSLC. 3, 8.

Suyitno, S. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D (1st ed., Vol. 1). Alfabeta.

Suyitno, S. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Surya Abdimas, 3(2), 44–48. https://doi.org/10.37729/abdimas.v3i2.321

Suyitno, S. (2020). Pendidikan Vokasi dan Kejuruan Strategi dan Revitalisasi Abad 21 (1st ed., Vol. 1–1). K-Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i1.55662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats