ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BENGKEL SEPEDA MOTOR ATC-ASC JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNY

Authors

  • Swastika Fahmi Wijaya Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.45644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan bengkel terhadap kualitas jasa servis di bengkel sepeda ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan bengkel sepeda motor ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY yang berjumlah 35 orang, yang diambil menggunakan incidental sampling. Teknik analisis data ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa servis berada pada kategori "sangat baik" sebesar 34% (12 orang), "baik" sebesar 28,57% (10 orang), "cukup" sebesar 31,40% (11 orang), "kurang" 2,85% (1 orang), dan "sangat kurang" 2,85% (1 orang). Berdasarkan nilai nilai rata-rata kepuasan yaitu 83,71% tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas jasa servis bengkel sepeda motor ATC-ASC Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY dalam kategori "baik".

Downloads

Published

2022-03-12

How to Cite

Wijaya, S. F. (2022). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BENGKEL SEPEDA MOTOR ATC-ASC JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNY. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.45644

Issue

Section

Articles