PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PENDINGIN UNTUK KELAS XI DI UPT SMK NEGERI 8 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan produk modul sistem pendingin, 2) mengetahui kelayakan modul sistem pendingin menurut ahli media, 3) mengetahui kelayakan modul sistem pendingin menurut para ahli materi, 4) mengetahui tanggapan guru dan peserta didik pada modul sistem pendingin. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan metode pengembangan ADDIE menurut Branch. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) menghasilkan produk akhir berupa modul perawatan sistem pendingin dengan spesifikasi yaitu : memiliki judul “Modul Perawatan Sistem Pendingin”, bahan ajar cetak dengan ukuran kertas A4 dan modul menggunakan kompetensi dasar (KD) 3 sistem pendingin. 2) kelayakan modul mendapatkan skor 3,95 dari penilaian ahli materi termasuk kategori “sangat layak”, mendapatkan skor 3,36 dari penilaian ahli media termasuk kategori “sangat layak”, mendapatkan skor 3,72 dan 3,76 dari penilaian guru pada aspek materi dan aspek media termasuk kategori “sangat mudah dipahami” dan “sangat menarik”, mendapatkan skor 3,46 dari penilaian peserta didik sebagai pengguna termasuk kategori “sangat bermanfaat”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggik (2020). Pengembangan Trainer Kit Praktik Instlasi Motor Listrik Berbantuan Programmable Logic Controller di Sekolah Menengah Kejuruan. Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Badan Pusat Statistik (2020). Februari 2020 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 4,99Persen. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html. Pada tanggal 30 November 2020. Pukul 13.50 WIB.
Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Hartoyo (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi Melalui Pembelajaran Dengan Modul Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : JPTK, Vol. 18.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran: Mengenal, Merancang dan Mempraktikkannya. Yogyakarta: Diva Press.
Kemdikbud (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 . Diakses dari http://lppks.kemdikbud.go.id/uploads/pengumuman/uu_no_20_tahun_2003.pdf . Pada tanggal 30 November 2020. Pukul 15.53 WIB.
Putra, Pradana Brian. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pemeliharaan Baterai pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Cangkringan Tahun Pelajaran 2018/2019. Yogyakarta: JPVO, Vol. 2.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setiawan, Nanang (2020). Pengembangan Modul pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK N 2 Pengasih. Yogyakarta: JPVO, Vol. 3.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI.
Tiwan. (2010). Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran di Jurusan PendidikanTeknik Mesin FT UNY. Yogyakarta: JPTK, Vol. 19.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.45562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.