PENGEMBANGAN MODUL PERAWATAN DAN PERBAIKAN SASIS, PEMINDAH TENAGA KELAS XI SMKN 2 KLATEN
Sukaswanto Sukaswanto,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur atau langkah-langkah pengembangan, dan (2) mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Sasis, pemindah Tenaga Otomotif untuk kelas XI di SMK N 2 Klaten. Penelitian ini adalah jenis penelitian R&D dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, tahapannya yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data diperoleh dari penilaian oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi serta respon pengguna sebanyak 36 peserta didik kelas XI TMPO B di SMK N 2 Klaten. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian kelayakan modul pembelajaran yaitu: dari ahli media mendapat skor 3,10 dari skala 4 dengan kategori layak; dari ahli materi mendapat skor 3,29 dari skala 4 dengan kategori sangat layak; dan respon pengguna mendapat skor 3,25 dari skala 4 dengan kategori sangat layak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Perawatan dan Perbaikan Sasis, Pemindah Tenaga Otomotif (PPSPTO) kelas XI dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran.
Kata Kunci: modul, pemindah tenaga, R&D
Full Text:
PDFReferences
Budijono, A. P. dan Wahyu, D. K. (2012). Penerapan modul berbasis komputer interaktif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran pada mata kuliah pneumatik dan hidraulik. JPTK: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 2, Oktober 2012, Halaman 106-113.
Daryanto. (2013). Menyusun modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
________. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto & Aris, D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Haryana, K., Nirmala, A. Y. P., Yuswono, L. C., & Sukaswanto, (2018). Peranan program pelatihan dalam memantapkan kompetensi profesional guru SMK TKR. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 66-76.
Lasmiyati & Hatta, I. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 2, Desember 2014, (161-174).
Martono, M., & Wagiran. (2016). Developing a learning module of computer numerically control GSK 983 machines to enhance students’ learning outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(2), 184-190.
Maswan & Muslimin, K. (2017). Teknologi pendidikan: Penerapan pembelajaran yang sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pranoto, A. (2019). Pengembangan modul gambar teknik sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa jurusan teknik mesin D3 IST AKPRIND Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 95-103.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. (2017). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Thiagarajan, S. et al. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Dikutip pada tanggal 2 Desember 2019 jam 12.52 WIB dari https://www.pdfdrive.com/instructional-development-for-training-teachers-of-exceptional-children-a-sourcebook-d517006481.html
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i2.40438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.