ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASALMATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021

Aulia Jazman Yazid, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Martubi Martubi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kualitas dari butir-butir soal UAS gasal Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Praya Tengah tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Praya Tengah. Teknik pengumpulan data secara dokumentasi agar mendapatkan data berupa soal, kunci jawaban dan juga jawaban dari peserta didik. Analisis butir soal menggunakan program anates meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh. Hasil analisis butir soal UAS gasal mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Praya Tengah tahun ajaran 2020/2021 jika dilihat dari aspek validitas 37,5% soal dalam kategori valid dan 62,5% soal tidak valid. Dari aspek reliabilitas menunjukkan nilai 0,51 dimana nilai tersebut menunjukkan soal memiliki reliabilitas rendah. Dari aspek tingkat kesukaran 42,5% dengan kategori sukar, 52,5% kategori sedang, dan 5% mudah. Dari aspek daya pembeda 25% soal baik, 25% cukup, 42,5% jelek, dan 7,5% sangat jelek. Kemudian untuk efektifitas pengecoh 95% soal sangat baik, 2,5% baik, dan 2,5% cukup baik

Keywords


item quality analysis, Light Vehicle Engineering, anates software

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No 34 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud

Martubi. (2004). Evaluasi Pembelajaran Teori (Kognitif)

Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Pendidikan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan, 25 Januari 2021

Purnama, E.R.D. and Martubi, M., (2017). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATAPELAJARAN PEMELIHARAAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF DAN MESIN OTOMOTIF. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 21(1).

Suharsimi Arikunto. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Fokus Media

Windarto, F. and Martubi, M., (2017). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA DIKLAT DASAR-DASAR MESIN. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 19(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i2.40086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats